Pelatihan Penggunaan Media Interaktif Bagi Guru SMA/SMK se-Soloraya

Moch. Hari Purwidiantoro, Widiyanto Hadi, M. Nur Juniadi, Ina Sholihah Widiati

Abstract


Media pembelajaran dengan teknologi multimedia menyediakan peluang yang besar bagi guru untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang menyenangkan dan diminati siswa. Dengan media pembelajaran yang menarik guru akan dapat mudah menyampaikan materi dan ilmu pengetahuan kepada siswa. Di sisi lain juga membantu siswa untuk dapat dengan mudah memperoleh informasi dan pemahaman materi yang tidak monoton. Karena dengan media pembelajaran multimedia materi tidak hanya disajikan dalam bentuk teks saja, tetapi informasi dapat juga disajikan dengan suara, gambar maupun video. Berdasarkan dari observasi masih banyak guru-guru SMA/SMK khususnya di Soloraya belum memaksimalkan penggunaan media interaktif tersebut dalam pengajaran. Sehingga tim pengabdian masyarakat mengadakan pelatihan tentang media interaktif. Materi yang disampaikan antara lain: memanfaatkan media interaktif  dalam pembelajaran, penggunaan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran, membuat multimedia interaktif yang menarik, dan penggunaan google classroom sebagai media interaktif guru dan siswa. Setelah kegiatan pelatihan ini disimpulkan bahwa pelatihan tentang Media Interaktif Bagi Pengajaran sangat penting diberikan kepada guru-guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya disarankan berupa workshop yang memungkinkan guru-guru dapat langsung praktek membuat media interaktif

Keywords


media interaktif; guru; pembelajaran; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


W.A. Surasmi, “Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran,” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, Universitas Terbuka, 2016.

C. Lesmana, Hartono, R. Permana, Matsun, “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru SMP Negeri 1 Sungai Kakap,” Jurnal Al-Khidmah, 2018.

V.A. Gogali dkk, “Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi (Studi pada SSDM Mabes Polri Jakarta Selatan),” Jurnal Abdimas BSI, Vol. 1, No. 3 Agustus 2018.

Y. Soesatyo dkk, “Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 No. 2 Desember 2017.

D.S.C. Saputri, “Penggunaan Augmented Reality Iuntuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Hasil Belajar,” JUTISI Vol. 6, No. 1, April 2017.

A.B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo,” I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.549

Article Metrics

Abstract view : 900 times
PDF - 508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: