Pelatihan Penggunaan Media Interaktif Bagi Guru SMA/SMK se-Soloraya
Moch. Hari Purwidiantoro, Widiyanto Hadi, M. Nur Juniadi, Ina Sholihah Widiati
Abstract
Media pembelajaran dengan teknologi multimedia menyediakan peluang yang besar bagi guru untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang menyenangkan dan diminati siswa. Dengan media pembelajaran yang menarik guru akan dapat mudah menyampaikan materi dan ilmu pengetahuan kepada siswa. Di sisi lain juga membantu siswa untuk dapat dengan mudah memperoleh informasi dan pemahaman materi yang tidak monoton. Karena dengan media pembelajaran multimedia materi tidak hanya disajikan dalam bentuk teks saja, tetapi informasi dapat juga disajikan dengan suara, gambar maupun video. Berdasarkan dari observasi masih banyak guru-guru SMA/SMK khususnya di Soloraya belum memaksimalkan penggunaan media interaktif tersebut dalam pengajaran. Sehingga tim pengabdian masyarakat mengadakan pelatihan tentang media interaktif. Materi yang disampaikan antara lain: memanfaatkan media interaktif dalam pembelajaran, penggunaan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran, membuat multimedia interaktif yang menarik, dan penggunaan google classroom sebagai media interaktif guru dan siswa. Setelah kegiatan pelatihan ini disimpulkan bahwa pelatihan tentang Media Interaktif Bagi Pengajaran sangat penting diberikan kepada guru-guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya disarankan berupa workshop yang memungkinkan guru-guru dapat langsung praktek membuat media interaktif
Keywords
media interaktif; guru; pembelajaran; media pembelajaran
W.A. Surasmi, “Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran,” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, Universitas Terbuka, 2016.
C. Lesmana, Hartono, R. Permana, Matsun, “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru SMP Negeri 1 Sungai Kakap,” Jurnal Al-Khidmah, 2018.
V.A. Gogali dkk, “Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi (Studi pada SSDM Mabes Polri Jakarta Selatan),” Jurnal Abdimas BSI, Vol. 1, No. 3 Agustus 2018.
Y. Soesatyo dkk, “Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 No. 2 Desember 2017.
D.S.C. Saputri, “Penggunaan Augmented Reality Iuntuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Hasil Belajar,” JUTISI Vol. 6, No. 1, April 2017.
A.B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo,” I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2016.