Pengembangan strategi e-commerce dan CRM pada Lazada.com dalam menghadapi globalisasi

Indra Gamayanto

Abstract


Berkembanganya teknologi informasi terutama di bidang e-commerce memberikan dampak yang besar terhadap gaya hidup masyarakat pada umumnya. Lazada merupakan salah satu business online terbesar di Indonesia dan merupakan sebuah entitas e-commerce yang memberikan dampak dan/atau pengaruh terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari. Semua pola kehidupan masyarakat dapat berubah, mulai dari cara menggunakan barang-barang konsumtif sampai pada kebutuhan yang sangat penting lainnya. Lazada menjadi salah satu business online yang memiliki pengaruh besar, tidak hanya kepada gaya hidupnya, tetapi pada inovasi-inovasi yang dimilikinya. Metode McKinsey, merupakan metode yang sangat tepat untuk digunakan dalam menganalisis lazada, dan hubungan antara IT-IS dan business strategy harus dapat dilihat dengan saling menghubungkannya satu sama lain. Kedua metode ini akan memberikan sebuah inocasi e-commerce baru kepada lazada dalam menghadapi persaingan global ini. Lazada mampu bertahan dalam hal ini, karena melakukan inovasi penawaran yang menarik konsumen, ini di satu sisi, di sisi lainnya, lazada harus tetap mengembangkan inovasinya ke arah bagaimana konsumen dapat lebih jauh terlibat di dalamnya sehingga inovasi tersebut tidak berhenti sampai kepada penawaran produk, tetapi kepada sisi lain dari hal tersebut, seperti pola-pola segmentasi, pola kebutuhan konsumen yang utama, sehingga lazada akan dapat lebih jauh lagi dekat kepada konsumennya. Hal ini akan dapat memberikan dampak sangat besar.
Kata kunci— Lazada, IS/IT strategic planning, Mckinsey methods, e-commerce, e-business

Keywords


Lazada; IS/IT strategic planning; Mckinsey methods; e-commerce; e-business;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


J. Peppard, R. D. Galliers, and A. Thorogood, “Journal of Strategic Information Systems Information systems strategy as practice : Micro strategy and strategizing for IS,” J. Strateg. Inf. Syst., pp. 1–10, 2014.

A. calberto, J & abaresi, “LAZADA’S LAST MILE: WHERE NO E-COMMERCE COMPANY IN VIETNAM HAD GONE BEFORE,” pp. 117–126, 2017.

D. P. Carter, C. M. Weible, S. N. Siddiki, and X. Basurto, “Integrating core concepts from the institutional analysis and development framework for the systematic analysis of policy designs: An illustration from the US National Organic Program regulation,” J. Theor. Polit., vol. 28, no. 1, pp. 159–185, 2016.

K. Ilieska, “Customer Satisfaction Index – as a Base for Strategic Marketing

Management,” vol. 2, no. 4, pp. 327–331, 2013.

F. C. Lunenburg, “Organizational Structure : Mintzberg ’ s Framework,” Int. J. Sch., vol.

, no. 1, pp. 1–8, 2012.

I. Gamayanto, “Porter S Five Forces Model Scott Morton S Five Forces Model Bakos Treacy Model Analyzes Strategic Information Systems Management,” J. Inform., vol. 5, no. 2, p. pp.127-134, 2004.

McKinsey Quarterly (2008), Enduring Ideas: The 7-S Framework, McKinsey & Company

Fisk,P (2006), Marketing Genius, Capstone

Fisk,P (2008), Business Genius: A More Inspired Approach to Business Growth,

Capstone; 1 edition

Kartajaya (2005), MarkPlus On Strategy, PT.Gramedia Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i2.407

Article Metrics

Abstract view : 5059 times
PDF (Indonesian) - 2043 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>