Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native

Qurotul Aini, Untung Rahardja, Anggy Fatillah

Abstract


Semakin berkembang pesatnya kemajuan teknologi kita tentunya sangat penting untuk bidan pendidikan dan sebagainya. Dan kita menjadi mengikuti perkembangan kemajuan teknologi tersebut. Pada Perguruan Tinggi Absensi merupakan suatu keunggulan karena Absensi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjukan kehadiran seseorang. Dan proses absensi yang biasanya masih berjalan adalah menggunakan absensi memakai kertas ataupun absensi menggunakan mengisi form google docs  menjadi tidak rapih dan tidak tertata dengan baik. Di zaman yang serba canggih ini penulis melakukan metode penelitian, pengumpulan data dan perumusan masalah yang sering terjadi pada proses absensi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menggunakan sistem baru yang bernama Pensil (Penilaian Asisten Lab) yang dimana saat ini masih dalam tahan proses pembuatan. Dalam sistem ini menerapkan absensi menggunakan Qrcode, yang seorang asisten lab kalau absensi hanya tinggal create Generate Qrcode pada sebuah website pensil.raharja.ac.id lalu tinggal scan qrcode pada device yang telah disediakan, dengan adanya sebuah sistem baru ini semoga absensi menjadi efektif.

Kata Kunci— Absensi, Asisten Lab,  Qrcode

Keywords


Absensi; Asisten Lab; Qrcode;

Full Text:

PDF

References


Lestari, Dini, dan Rinaldi Munir. t.t. “Implementasi Sistem Absensi Pegawai Menggunakan QR Code Pada Smartphone Berbasi Android”. Hal 1-2.

Lotlikar, Trupti, et al. (2013). “Comparative study of Barcode, QRcode and RFID System” Journal Computer Technology & Applications,Vol 4 (5),817-82.

Muhammad, Henning Titi Ciptaningtyas, dan Bambang Setiawan. (2013), “Perancangan dan Implementasi Perangkat Lunak Untuk Identifikasi & Manajemen Kendaraan di ITS pada Perangkat Bergerak dengan Teknologi QR Code”. Vol 2 (1).

Malik, Jaja Jamaludin., dkk. (2010). Implementasi Teknologi Barcode dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Wahyono, Teguh (2010). Membuat Sendiri Aplikasi dengan Memanfaatkan Barcode. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i1.151

Article Metrics

Abstract view : 1668 times
PDF - 972 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.