Pengaruh Experential dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di STIKOM Bali

Erma Sulistyo Rini

Abstract


Abstrak
Experiential dan Emotional Marketing konsep baru dalam dunia marketing, bertujuan untuk memberikan kesan unik dengan menyentuh sisi emosional dari pelanggan, melalui sebuah sevice. Pendekatan yang digunakan dalam emotional marketing adalah Money, Product, Equity (trust), Experience (Relationship) dan Energy (Convenience) dan dalam experiential marketing adalah Sense, Feel, Think, Act, dan Relate, sedangkan pengukuran loyalitas pelanggan menggunakan Repeat Purchase, Positif Remark, Recommend to Other dan Giving Personal Information. Kegiatan pemasaran di STIKOM Bali tidak hanya fokus pada memenangkan persaingan dengan para kompetitor atau hanya pada service terjual, tetapi bagaimana service bisa terjual secara berkelanjutan atau suitainable in the market. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap ketiga variabel, dengan 14 sub variabel serta 53 item pernyataan, dinyatakan valid dan reliable dengan nilai koefesien alpha cronbach sebesar 0,729>0,452>0,446>0,361 untuk tingkat sig 5% . hasil hipotesis menunjukan bahwa experiential dan emotional marketing secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai f hitung lebih besar dari f tabel (76,40>13,99>3,94). Namun secara parsial variabel emotional marketing yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap loyalitas pelanggan di STIKOM Bali.
Kata kunci: Experential & Emotional Marketing, Loyalitas Pelanggan, Uji Validitas dan Reliabilitas


Keywords


Experential & Emotional Marketing; Loyalitas Pelanggan; Uji Validitas dan Reliabilitas;

Full Text:

PDF

References


J. Manajemen and P. Modern, “Analysing the Influence of Experiential Marketing on Customer,” vol. 3, no. 1, pp. 75–86, 2011.

Lemke, F., Clark, M., & Wilson, H. (2006). What Makes a Great Customer Experience. Cranfield Customer Management Forum

Scott Robinette, et al.(2001). Emotion Marketing The Hallmark Way of Winning Customers for Life, McGraw-Hill ISBN: 0071364145

Sudarmadi dan Dyah Hasto Palupi, Mengikat Konsumen dengan EXEM, Majalah SWA, Vol XXIV 22 November - 2 Desember 2011, Hal 26-30

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabetha.

Schimtt,Bernd H,1999,Experential Marketing, How To Get Customers To Sense,Feel, Think, Act and Relate To Your Company and Brand, New York, The Free Press

Smith, J.B., & Colgate, M. (2007). Customer value creation: a practical framework. The journal of marketing theory and practice, 15(1), 7-23




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.114

Article Metrics

Abstract view : 744 times
PDF - 541 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>