Pengaruh Experential dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di STIKOM Bali
Abstract
Abstrak
Experiential dan Emotional Marketing konsep baru dalam dunia marketing, bertujuan untuk memberikan kesan unik dengan menyentuh sisi emosional dari pelanggan, melalui sebuah sevice. Pendekatan yang digunakan dalam emotional marketing adalah Money, Product, Equity (trust), Experience (Relationship) dan Energy (Convenience) dan dalam experiential marketing adalah Sense, Feel, Think, Act, dan Relate, sedangkan pengukuran loyalitas pelanggan menggunakan Repeat Purchase, Positif Remark, Recommend to Other dan Giving Personal Information. Kegiatan pemasaran di STIKOM Bali tidak hanya fokus pada memenangkan persaingan dengan para kompetitor atau hanya pada service terjual, tetapi bagaimana service bisa terjual secara berkelanjutan atau suitainable in the market. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap ketiga variabel, dengan 14 sub variabel serta 53 item pernyataan, dinyatakan valid dan reliable dengan nilai koefesien alpha cronbach sebesar 0,729>0,452>0,446>0,361 untuk tingkat sig 5% . hasil hipotesis menunjukan bahwa experiential dan emotional marketing secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai f hitung lebih besar dari f tabel (76,40>13,99>3,94). Namun secara parsial variabel emotional marketing yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap loyalitas pelanggan di STIKOM Bali.
Kata kunci: Experential & Emotional Marketing, Loyalitas Pelanggan, Uji Validitas dan Reliabilitas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
J. Manajemen and P. Modern, “Analysing the Influence of Experiential Marketing on Customer,” vol. 3, no. 1, pp. 75–86, 2011.
Lemke, F., Clark, M., & Wilson, H. (2006). What Makes a Great Customer Experience. Cranfield Customer Management Forum
Scott Robinette, et al.(2001). Emotion Marketing The Hallmark Way of Winning Customers for Life, McGraw-Hill ISBN: 0071364145
Sudarmadi dan Dyah Hasto Palupi, Mengikat Konsumen dengan EXEM, Majalah SWA, Vol XXIV 22 November - 2 Desember 2011, Hal 26-30
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabetha.
Schimtt,Bernd H,1999,Experential Marketing, How To Get Customers To Sense,Feel, Think, Act and Relate To Your Company and Brand, New York, The Free Press
Smith, J.B., & Colgate, M. (2007). Customer value creation: a practical framework. The journal of marketing theory and practice, 15(1), 7-23
DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.114
Article Metrics
Abstract view : 744 timesPDF - 541 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 SISFOTENIKA
Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :
| |
SERTIFIKAT PENGHARGAAN :
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat
Partners & Co-Organizers:
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.