Desain dan Labeling Kemasan yang Menarik dan Informatif dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi

I Made Ari Santosa, I Putu Ramayasa

Abstract


Tahu dan tempe merupakan makanan dengan dengan kandungan gizi yang tinggi. Tahu dan tempe juga merupakan bahan makanan yang dapat dengan mudah  diolah menjadi aneka  ragam menu makanan yang enak.  Selain itu, karena harganya yang relatif murah, banyak masyarakat di Indonesia menjadikan tahu dan tempe ini sebagai makanan yang dikonsumsi untuk sehari-hari. Sejalan dengan itu, maka, mitra dalam kegiatan ini adalah Bapak Sukirno, seorang pemilik usaha (UKM) tahu dan tempe yang berasal dari Banjar Meliling, Desa Meliling. Desa Meliling merupakan salah satu desa yang terdapat pada kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. Jarak lokasi mitra (Desa Meliling) dengan pengusul kira-kira 34 km. Desa Meliling dapat dicapai dalam waktu 1 jam dari Kota Denpasar. Kemasan tahu dan tempe yang dipasarkan oleh Bapak Sukirno masih menggunakan plastik bening ataupun kantong plastik belanja. Pada kemasan tersebut tidak terdapat labeling yang menunjukkan identitas usaha tahu tempe tersebut. Berdasarkan pada permasalahan yang dihadapi, maka dilakukan kegiatan secara bertahap mulai dari sosialisasi, pelatihan penggunaan perangkat lunak desain dan labeling kemasan, serta evaluasi dan monitoring kegiatan. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 6 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih pemilik dan para karyawan perusahaan tahu tempe Bapak Sukirno untuk memanfaatkan teknologi dalam mendesain kemasan yang menarik dan informatif.

Keywords


desain; labeling; kemasan; teknologi

Full Text:

PDF

References


D. M. Utari, “Kandungan Asam Lemak, Zink, dan Copper pada Tempe,Bagaimana Potensinya untuk Mencegah Penyakit Degeneratif?” Gizi Indonesia, Vol.33, No.2, pp. 108-115, 2010

A. K. Zakaria, W. K. Sejati dan R. Kustiari, “Analisis Daya Saing Komoditas Kedelai Menurut Agro Ekosistem: Kasus di Tiga Provinsi di Indonesia”, Jurnal Agro Ekonomi, Vol.28, No.1, Mei 2010, pp. 21 – 37

K. Y. Ambara, I. N.G. Ustriyana, I.K. Rantau, “Profil Usaha Industri Kecil Tahu dan Tempe Makmur Jaya di Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar”, E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, Vol. 6, No. 2, April 2017, pp. 259-269

H. D. Wahyudi, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang”, Jurnal Eksekutif, Vol. 2, No. 3, Desember 2005, pp. 165-170

Th. Susetyarsi, "Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang", Jurnal STIE Semarang, Vol. 4, No. 3, Edisi Oktober 2012, pp. 19-28

I. Maflahah, “Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura dalam Rangka Pengembangan IKM”, AGROINTEK Volume 6, No.2 Agustus 2012, pp. 118-122

Syamsudin, M. F. Wajdi, A. N. Praswati, “Desain Kemasan Makanan KUB Sukarasa di Desa Wisata Organik Sukorejo Sragen”, BENEFIT Jurnal Managemen dan Bisnis, Volume 19, Nomor 2, Desember 2015: 181-188

I. P. Artaya, M. Kamisutara, R. A. Baktiono, ”Pengaruh Citra Produk Berdasarkan Analisis Persepsi Konsumen pada Kelompok Usaha Aneka Pangan Kota Sidoarjo”, Jurnal Tata Sejuta Vol. 4, No. 1, Maret 2018, pp.1-11

J. Enterprise, Ragam Desain Grafis Photoshop. Jakarta : Elex Media Komputindo, 2016

M. R. Klimchuk, S. A. Krasovec, Desain Kemasan. Jakarta : Erlangga, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.543

Article Metrics

Abstract view : 643 times
PDF - 617 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: