Peranan IT dalam Guna Mendorong Semangat Kewirausahaan Generasi Muda dengan Penerapan E-commerce
Abstract
Seorang pelaku bisnis diharapkan memiliki kemampuan untuk membaca peluang yang ada ditengah tingginya mobilitas masyarakat. Informasi yang baik akan memiliki kemampuan dalam memahami sistem kerja e-commerce seorang pelaku bisnis akan memiliki keunggulan tersendiri dalam menciptakan quantity yang qualified. Dalam rangka membantu menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan generasi muda maka kegiatan seminar dilaksanakan di SMA N 9 Pontianak. Sebagai tunas bangsa yang akan melanjutkan ekonomi industri, para pelajar yang telah berperan aktif dalam menggunakan teknologi informasi diberikan tambahan informasi edukasi menggenai sistem kerja dan peluang bisnis dengan penerapan e-commerce. Peserta merupakan pelajar kelas XI yang terdiri dari 72 orang. Metode deskriptif analisis digunakan untuk, untuk mempermudah pemahaman materi seminar dan diperkuat dengan menggunakan power point. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan seminar dilaksanakan guna mendorong semangat dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun semangat kewirausahaan bagi generasi muda. Seminar berlangsung selama 1(satu) hari dan animo siswa yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil selama acara seminar diperoleh beberapa ide yang dikemukakan untuk dijadikan sebagai pemikiran awal menciptakan peluang usaha dengan menerapkan e-commerce dalam proses kerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. C. Loudon, & C. G. Traver, “E-commerce 2014: Business, Technology, Society,” Tenth Edition, Prentice-Hall, Inc, 2013.
I. G. N. Setyawan Adi, I. W. Sukadana., M. D. Saientisna, “Peran Ecommerce Terhadap Penjualan Usaha Pada Industri Pakaian Jadi Di Provinsi Bali,” Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Bali, Vol. 6. No. 12, 2017.
W. Febriantoro, “Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia,” Jurnal MANAJERIAL, 17(2), pp. 184-207. 2018.
S. Maryama, “Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” Liquidity, 2(1), pp. 73-79. 2013.
H. A. Mumtahana, S. Nita, & A. W. Tito, “Pemanfaatan Web
E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), pp. 6-15, 2017.
D. Komalasari, I. Seprina, “Penerapan E-Commerce pada Toko Mawar Songket Palembang Berbasis Web,” Jurnal Betrik, 13(1), pp. 56-62, 2018.
S. Kosasi, “The Maturity Level of Information Technology Governance of Online Cosmetics Business,” 3rd International Conference on New Media (CONMEDIA), IEEE, 2015.
N. W. Deriani, A. Nugroho, “Penerapan E-Commerce dalam Kegiatan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan di Kecamatan Tegallalang,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 8(2), pp. 60-67, 2014.
S. Kosasi, “Perancangan Sistem E-Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (SNASTIA), 2015.
Aco, Ambo, E. Hutami, “Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,” Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1), 2017.
H. P. Putra, “Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Steam Valve Di Kota Bandung),” 2017.
S. Kosasi, “Perancangan dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Furniture,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), 2015.
E. Turban, J. Strauss, & L. Lai, “Social commerce,” Prentice Hall, 2012.
E. Turban, D. King, J. K. Lee, T. P. Liang, & D. C. Turban, “Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective,” Springer, 2015
D. L. Fithri, A. P. Utomo, F. Nugraha. "Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2) pp. 819-824. 2017.
D. Irmawati, “Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis,” Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 2011.
I. Sidharta, & R. Sidh, “Pengukuran Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Sikap Serta Dampaknya Atas Penggunaan Ulang Online Shopphing pada E-Commerce,” Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), pp. 92-100, 2014.
D. Fitriani, “Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak),” CCIT Journal, 12(1), pp. 99-107, 2019.
E. Turban, Rainer, Poter, “Pengantar Teknologi Infomasi,” Salemba Infotek, Jakarta, 2006.
N. M. Widani, et al. “Menguji Ketajaman Implementasi
E-Commerce dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(2), pp. 79-98, 2019.
A. N. Rachman, C. M. S. Ramdani. “IbM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Global untuk Peningkatan Penjualan Produk Kelom Geulis (Studi Kasus: UKM Kelom Geulis Tamansari Tasikmalaya),” Jurnal Pengabdian Siliwangi, (2)1, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.533
Article Metrics
Abstract view : 881 timesPDF - 440 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :
SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat
ISBN: 978-623-90975-0-9
STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Sponsor Utama:
Partners & Co-Organizers: