Pelatihan Desain Kemasan Bagi UKM Rumah Tangga di Bangka Barat

Fransiskus Panca Juniawan, Sujono, Hamidah, Dwi Yuny Sylfania

Abstract


Desain yang unik dan menarik dapat meningkatkan kemungkinan minat beli oleh pembeli. Industri UKM di Bangka Barat saat ini banyak bergerak di bidang makanan dengan desain kemasan yang masih seadanya saja. Kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha di Bangka Barat adalah kurangnya kemampuan mereka dalam membuat desain kemasan produk. Pengetahuan yang rendah mengenai tata cara perancangan dan pembuatan kemasan juga menjadi masalah tersendiri bagi mereka. Dengan adanya masalah ini, berdampak pada nilai jual produk yang rendah, walaupun cita rasa produk layak untuk dihargai tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan pelatihan pembuatan desain
kemasan yang berfokus pada pengetahuan dasar mengenai kemasan dan pembuatan desain dan label kemasan. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara bersama-sama dan secara mandiri perorangan. Pelatihan ini menggunakan tool Microsoft Word dengan harapan kemudahan dalam pemahamannya. Hasil dari kegiatan ini berupa peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam membuat dan merancang desain kemasan produk yang dibuktikan dari hasil rancangan masing-masing peserta.


Keywords


desain kemasan; produk; UKM; Bangka Barat

Full Text:

PDF

References


D. Indraswati, Pengemasan Makanan. Edisi Pertama. Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES), 2017.

A.N.F.Mufreni, “Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha),” Jurnal Ekonomi Manajemen, vol. 2, no. 2, pp.48-54, November 2016.

S. Mukhtar & M. Nurif, “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen” Jurnal Sosial Humaniora, vol. 8, no. 2, pp. 181-191, November 2015.

R. Nugrahani, “Peran Desain Grafis Pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM” Jurnal Imajinasi, vol. 9, no. 2, pp. 127-136, Juli 2015.

V. Dhameria, “Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsive (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang)” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol. 13, no. 1, pp. 1-44, Mei 2014.

Klimchuk, M. Rosner, Krasovec, & A. Sandra, Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan”. Edisi pertama. Jakarta: Erlangga, 2007.

S. Maryama, P. Yandri, & I. Istimal, “Pelatihan Pembuatan Packaging Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kota Tangerang Selatan,” in SEMBADHA: Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Tangerang Selatan, 2018, pp. 156-159.

M. Rofieq, A. Poerwanto, & H. Budiyanto, “Pelatihan Desain Kemasan Produk untuk UMKM Kerajinan, Kuliner dan Posdaya” Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, vol. 2, no. 2, pp. 1-6, Desember 2017.

S. Syamsudin, M.F.Wajdi, & A.N.Praswati, “Desain Kemasan Makanan Kub Sukarasa Di Desa Wisata Organik Sukorejo” Jurnal BENEFIT, vol. 19, no. 2, pp. 181-188, Desember 2015.

S. Purnavita, H.Y.Sriyana, & T. Widiastuti, “Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen” Jurnal E-DIMAS, vol. 9, no. 1, pp. 88-97, Februari 2018.

A. Pathak, “The Cognitive Power of Product Packaging” IOSR Journal of Business and Management, vol. 16, no. 7, pp. 61-64, July, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.529

Article Metrics

Abstract view : 517 times
PDF - 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: