Implementasi E-CRM berbasis Web pada Perpustakaan Digital Sekolah Gema Nurani
Abstract
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu lembaga pelayanan publik yang sangat berarti bagi kemajuan suatu sekolah. Pelayanan informasi yang diberikan oleh pengelola perpustakaan hendaknya dapat mencakup semua ruang lingkup informasi seputar perpustakan tersebut. Sekolah Gema Nurani telah memiliki sebuah perpustakaan Digital yang berbasis web, dimana proses dokumentasi data telah terjadi proses sentralisasi database guna memudahkan proses dokumentasi data sehingga memberikan kemudahan dalam pengelolaan data perpustakaan sehingga sistem administratif perpustakaan dapat ditangani dengan cepat. Semakin hari, jumlah pengunjung maupun anggota perpustakaan semakin bertambah. Pengguna website perpustakaan yang semakin bertambah ternyata belum dapat dijadikan sebagai peluang tersendiri bagi pengelola perpustakaan, karena banyaknya jumlah pengguna website perpustakaan belum dapat diimbangi dengan kualitas pelayanan yang memadai terhadap pengguna perpustakaan. Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu teknik yang bisa digunakan untuk memperoleh, mengkonsolidasi, menganalisa data yang kemudian digunakan sebagai sarana interaksi dengan customer(penggunan perpustakaan: guru, siswa, karyawan sekolah), sehingga akan terwujud sebuah pandangan yang bersifat ensiklopedis terhadap pengguna. Konsep E-CRM diterapkan pada perpustakaan digital Sekolah Islam Gema Nurani dengan maksud untuk meningkatkan dedikasi serta loyalitas pengguna perpustakaan sebagai upaya pihak sekolah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat membaca pengunjung perpustakaan.
Kata kunci—E-CRM, Perpustakaan Digital, Sistem Informasi
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Wijaya, S. F., & Darudiato, S, 2009, ERP(Enterprise Resource Planning) & Solusi Bisnis. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Afrina, M., & Ibrahim, A,. 2013, Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), No.2, Vol.5, 629–644.
Purwanto, H., Sumbaryadi, A., & Sarmadi, S. 2018. E-Crm Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Funiture. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, No.1, Vol 14, 15–20.
Afrina, M., & Ibrahim, A. 2012, Pengembangan Model Sistem Informasi Perpustakaan dengan Teknologi Informasi Berbasis Wireless Aplication Protocol(WAP) pada Universitas Sriwijaya. Sistem Informasi, No.1, Vol.4, 425–43.
Kosasih, A., 2009, Otomasi Perpustakaan Sekolah : sebuah pengenalan. Jurnal Perpustakaan Sekolah, No.1, Vol.1, 1–13.
Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A., 2012, Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN), Jurnal Sistem Informasi, No.2, Vol 4, 516–529, 2012.
Lestari, I., & Irawan, H. 2017, Analisis Dan Desain Electronic Customer Relationship Management ( E- Crm ) Berbasis Web Guna Membina Serta Meningkatkan Loyalitas Penyewa Studi Kasus : Pt . Sari Indah Lestari ( Sil ) - Mall Cbd Ciledug. Jurnal CKI on Spot. No.2, Vol.10, 47–53.
DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i1.425
Article Metrics
Abstract view : 1854 timesPDF (Indonesian) - 1474 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SISFOTENIKA
Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :
| |
SERTIFIKAT PENGHARGAAN :
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat
Partners & Co-Organizers:
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.