Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam

Muhammad Ridwan, Ilham Galang Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keputusan pembelian, produk, harga, pelayanan, risiko terhadap perilaku konsumtif  masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di  Medan). Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda,  didukung dengan uji statistik, mengunakan program SPSS versi 20. Pengujian secara parsial koefisien keputusan pembelian terdapat hubungan terhadap  perilaku konsumtif sebesar 2,013 atau 20,13%. Koefisien produk terdapat hubungan terhadap perilaku konsumtif sebesar 2,137 atau 21,37%. Koefisien harga terdapat hubungan terhadap perilaku konsumtif sebesar -2,637 atau -26,37%. Koefisien pelayanan terdapat hubungan terhadap perilaku konsumtif sebesar 2,893 atau  28,93%. Koefisien risiko  terdapat hubungan terhadap perilaku konsumtif sebesar 2,043 atau  20,43%. Secara parsial terdapat hubungan  keputusan pembelian, produk, harga, pelayanan dan risiko terhadap perilaku konsumtif.

Keywords


Keputusan Pembelian; Produk; Harga; Pelayanan; Risiko; Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Sarwandi, “Toko Online Modern dengan Opencart,” Elex Media Komputindo, Jakarta, 2016.

Yuswohady, “Consumer 3000 Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia,” Gramedia, Jakarta, 2012.

Departemen Agama, “Alquran dan Terjemahan,” Pustaka Al-Mubin, Jakarta, 2013

I. A. F. Isma’il bin Umar bin Katsir, “Tafsir Ibnu Katsir,” Terj. M. Abdul Ghoffar, Cet. 4, Pustaka Imam Asy-Syafi’i, Bogor, 2005.

M. A. Mannan, “Ekonomi Islam, Teori dan Praktek,” P.T. Dana Bhakti Wakaf, Yogyakarta, 1993

Y. As-Sabatin, “Bisnis Islami dan Kritik Terhadap Bisnis ala Kapitalis,” Terj. Yahya Abdurrahman, Al-Azhar Press, Bogor, 2011.

Pusat Bahasa Dapartemen Pendidikan Nasional, “Kamus Besar Bahasa Indonesia,” Balai Pustaka, Jakarta, 2008.

P. Marindi, D. Nurwidawati, “Hubungan Antara Kepuasan Konsumen dalam Belanja Online dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya,” Jurnal Penelitian Pisikologi, Vol. 03, No. 2, 2015.

M. E. Saputri, “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion pada Zalora Indonesia,” Jurnal Sosioteknologi, Vol. 15, No. 2, Agustus 2016, pp. 296

L. V. Halim, “Perilaku Konsumtif Generation Y untuk Produk Fashion,” Jurnal Forum Manajemen Indonesia, Vol. 6, No. 12-14, November 2014.

A. F.T. Antow, “Pengaruh Layanan Online Shop (Belanja Online) Terhadap Konsumerisme Siswa SMA Negeri 9 Manado,” Jurnal Acta Diurna, Vol. 5, No.3, Tahun 2016.

Fakhrurrozi, Alchudri, “Analisis Perilaku Berbelanja Online Konsumen Muslim dalam Perspektif Gender di Provinsi Riau (Ditinjau dari Perceived Risk, Service Infrastructure, dan Acquisition Utility),” Jurnal Marwah, Vol. XV, No.1, Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.600

Article Metrics

Abstract view : 1129 times
PDF - 669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: