Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Menumbuhkan Sikap Sosial Pada Anak Di Panti Asuhan Al Kahfi Cab. Medan

Oktariani, Zuraida

Abstract


Setiap anak memiliki karakteristik pribadi yang berbeda – beda. Kondisi dan stimuluasi yang sesuai dengan kebutuhan anak akan dapat mengembangkan berbagai kemampuan anak sehingga anak dapat mengembangkan kemampuannya secara optimal. Aspek perkembangan anak harus dikembangkan sesuai dengan tahapan usia perkembangan anak. Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan setiap anak adalah kepercayaan diri dan sikap sosial anak.  Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berupa psikoedukasi dalam bentuk permainan yang di ikuti oleh anak panti  asuhan Al Kahfi Cab. Medan. Pelaksanaan abdimas ini dilakukan dalam bentuk psikoedukasi , dalam bentuk permainan. Teknik ini dipilih karena bermain merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh anak – anak , banyak fungsi kejiwaan dan juga kepribadian yang dapat kembangkan didalam proses bermain. Aktivitas bermain dapat memberi pengaruh yang bersifat relative permanen, dengan bermain akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas fisik, psikis, dan sosial anak. Dari aspek fisik, bermain dapat meningkatkan fungsi organ tubuh seperti jantung, pembuluh darah, paru-paru, otot, tulang, persendian, perbaikan metabolisme dalam tubuh, mengurangi lemak tubuh dan menyeimbangkan kolesterol. Dari aspek psikis, bermain menyebabkan anak menjadi lebih tahan terhadap stress dan lebih mampu berkonsentrasi, selain itu dapat meningkatkan perasaan berprestasi. Dari aspek sosial, bermain dapat menambah kepercayaan diri pada anak, kerjasama serta sebagai sarana komunikasi yang efektif.

Keywords


Kepercayaan Diri; Minat Sosial

Full Text:

PDF

References


F. Amilah, “Strategi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Penelitian & ArtiKel PendidiKan,2013

Ngadilah, “Peningkatan Sikap Sosial Anak Melalui Pola Bermain Kelompok Pada Anak Kelompok B di TK Kartika III 52 Klaten 2012 / 2013,”2012

P. G. Getrudis, K. D Agusta Putri., N. Shubhi, “Perbedaan Self-Acceptance (Penerimaan Diri) Pada Anak Panti Asuhan Ditinjau Dari Segi Usia,” Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), Vol. 5 Oktober 2013, ISSN: 1858-2559, Oktober 2013

N. Rusmana, “Bimbingan dan Konseling Di Sekolah,” Bandung : Rizqi Press, 2009.

N. Simatupang, “Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, No. 1, 2005

S. Yahya, “Sarmini, Strategi Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya Kajian Moral dan Kewarganegaraan,” No. 1 Vol 1. Tahun 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.596

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF - 339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: