Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado

Febriyanti Darnis, Rezania Agramanisti Azdy

Abstract


Desa Pedado merupakan kampung yang terletak di tepian sungai Pedado, kecamatan Kertapati, kota Palembang. Mata pencaharian masyarakat Kampung Pedado selain bercocok tanam juga sebagai pengrajin kasur lihab Palembang, pengrajin kain flannel, dan pembudidaya jamur tiram. Pemasaran hasil Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kampung Pedado ini masih melakukan transaksi jual beli secara langsung. Dengan adanya website promosi UKM Desa Pedado yang dirintis oleh Darnis dan Azdy (2018), maka masyarakat Kampung Pedado kini dapat memasarkan produk yang dihasilkan UKM-nya secara online. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk  untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat khususnya bagi Mitra UKM. Diharapkan dengan pemanfaatan IpTek ini dapat membantu Mitra UKM dalam memasarkan produknya dan juga dalam mengelola data transaksi penjualannya. sehingga dapat meningkatkan upaya  pemasaran produk bagi mitra UKM, Selain itu, kegiatan PKM juga bertujuan memberikan pelatihan penggunaan website dari sisi backend yang dapat diakses oleh admin yang juga dapat berperan sebagai penjual. Metode yang akan digunakan adalah pembuatan website dengan pengembangan sistem spiral dan juga dengan melakukan workshop dan sosialisasi pengguna. Luaran dari pengabdian ini adalah website dinamis yang dapat dikelola oleh komunitas yang memiliki program pemberdayaan masyarakat  desa pedado sebagai sarana promosi produk Mitra UKM, selain itu melalui website juga dapat menerima pesanan dari pelanggan, dapat melakukan pengolahan data penjualan secara lebih efektif dan efisien. serta melaksnakan workshop dan pelatihan bagi pengelola website.

Keywords


Desa Pedado; UKM; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


H. T. Fristanto, “Pembuatan Website Promosi dan Pemesanan Produk Pada Home Industri Agro Santoso Jamur Punung Pacitan,” Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, Vol. 2, No. 1, ISSN: 2302-1136, Maret 2013.

S. Kosasi, “Perancangan Bisnis Toko Online untuk Memperluas Pangsa Pasar Aksesoris Produk Rohani,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, ISSN : 2302-3805, 2016.

Y. Syafitri, “Pemanfaatan Media Internet untuk Memperkenalkan Produk Kerajinan Tangan pada Home Industri Kain Flanel Lampung Selatan,” Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, Vol. 05, No. 02, ISSN 2088-5555, 2015.

W. Jonathan, S. Lestari, “Sistem Informasi UKM Berbasis Website pada Desa Sumber Jaya,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 01, No. 1, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.584

Article Metrics

Abstract view : 3239 times
PDF - 2406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: