Implementasi Pemanfaatan Google Classroom untuk pembelajaran di Era Revolusi 4.0
Siti Qomariah, Nursobah, Siti Lailiyah
Abstract
Era revolusi industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber.Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Banyaknya berkas tugas mahasiswa yang di kumpulkan sehingga membutuhkan ruang penyimpanana, kesulitan informasi kapan tugas tersebut dikumpul adalah kesulitan yang dihadapi oleh dosen Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga mempenggaruhi dunia pendidikan dan pembelajaran, pembelajara secara online atau disebut kelas online. pembelajaran online saat ini banyak dikembangkan beberapa vendor dunia seperti google dengan google classroom. kelas online membantu guru dalam membuat kelompok kelas, pengatur pembagian dosen, mengatur waktu batas pengumpulan berkas, penilaian tugas dan nilai akhir. pengabdian masyarakat ini mengedukasi tentang optimalisasi pemanfaatn google classroom sebagai media pembelajaran di lingkungan widya cipta dharma bagi dosen-dosen muda. Dengan pengunaan aplikassi ini yang bersifat gratis maka akan membantu mempermudah dosen-dosen dalam pengarsipan dan pengorganisasian berkas tugas dan proses penilaian. Kegiatan ini membuat pembelajaran menjadi lebih efektif terlebih lagi dosen dan mahasiswa bisa setiap saat bertatap muka melalui kelas online google classroom. Dan juga siswa nantinya dapat belajar, menyimak, membaca, mengirim tugas, dari jarak jauh.
R. R. Tjandrawinata and D. Medica, “Industri 4 . 0 : revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi,” no. February, 2016.
V. D. Wicaksono, P. Rachmadyanti, “Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar,” Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, pp. 513–521, 2016.
D. Rosadi, “Computer Assisted Learning Menggunakan Software Open Source R : Past , Present and Future,” in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, pp. 1–8.
A. B. Hakim and A. B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo,” vol. 2, pp. 1–6, 2016.
S. Subiyantoro et al., “The Impact Of Learning Management System (LMS) on Student’s Academic Performance,” vol. 2, no. 4, pp. 307–314, 2017.