Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Berbasis UMKM Melalui Adopsi Elektronik Commerce

Susanti Margaretha Kuway

Abstract


Pengembangan ekonomi kreatif melalui UMKM memberikan arah kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan tanpa batas waktu, batas daerah dan batas latar belakang pendidikan. Kegiatan PKM merupakan salah satu wujud keterlibatan perguruan tinggi dalam rangka transformasi pengetahuan. Adapun bentuk kegiatan adalah pembelajaran masyarakat dengan gaya penyampaian seminar. Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan pembelajaran dan penguatan kemampuan, potensi dan aset masyarakat. Strategi penyampaian materi seminar meliputi penyampaian fakta, penyampaian konsep, penyampaian prinsip, penyampaian prosedur dan penyampaian afektif. Hasil dari kegiatan PKM para siswa/i menyadari adanya sumberdaya lokal yang berpotensi  sebagai modal ekonomi masyakarat dengan modal intelektual yang kreatif. Produksi masyarakat membutuhkan modal informasi dan teknologi untuk memasarkan produk ke konsumen secara luas namun dengan proses bisnis yang mengedepankan effisensi yaitu mengadopsi e-commerce.


Keywords


ekonomi kreatif; UMKM; E-Commerce

Full Text:

PDF

References


Ditjen PEN/MJL/003/3/2012 Edisi Maret

United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada tahun 2010.

BEKRAF, “Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif. Kerjasama Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik,” 2017.

K.C. Laudon & A.G. Traver, “E-Commerce,” Tenth Edition, Pearson, 2014.

Y. Suryana, K. Bayu, & D. Jatnika, “Promotion and Product Marketing Models of Small and Medium Enterprises (SMEs) through E-Commerce,” Advances in Management & Applied Economics, vol. 3, no. 4, 2013, 149-160.

A. E. M. Septiana, “Tinjauan Model Inkubator Bisnis Rintisan Di Indonesia,” Journal Unisba, 2015.

F. W. Rio, & Susilawati, “Strategi & Kebijakan Pengembangan UMKM,” Cetakan Kesatu, PT. Refika Aditama, Bandung, 2016, pp. 200-201.

A. Elvira & M. K. Ragil, “Adoption Of A Consumer Technology Online Shopping With Model Msmes Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2,” CR Journal, Vol. 02, No. 01, 2016, pp.19-38.

I. S. Arief, I. I. Anugrah, & W. Emi, “Kesiapan UMKM Industri Kreatif Kota Surakarta Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Digital (Digital Economy Ecosystem),” Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2017, pp.272-277.

A. Dinarjad, “Potensi dan Tantangan Pengembangan Sektor Unggulan di Kalimantan Barat,” Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. 5. No. 2, 2016, pp. 94-103.

A. M. Ginting, E. Rivani, J. P. Saragih, D. Wuryandani, “Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia,” 2018.

Glueck dan Jauch, “Manajemen dan Strategis Kebijakan Perusahaan,” Erlangga, Jakarta, 1989.

C. A. Sequeira, A. S. A. Du Toit, and N. Sewdass “Current State of Competitive Inttelligence in Brazil,” The 8th International Conference on Knowledge Management, Conference Proceedings, 4-6 September 2012, South Africa, University of Johannesburg.

Riset DBS E-Commerce in Asia, “Bracing for Digital Disruption”.

P. Dona, Sudjono, A. Nining, “Analisis Penggunaan E-Commerce Terhadap Peningkatan Permintaan Kuantitas Produk Pada Umkm Di Kabupaten Banyumas,” Prosiding Seminar Nasional, ISBN: 978-602-1643-617, 2018.

J. Zhang, “Customer’ Loyalty Forming Mechanism of O2O E-Commerce,” International Journal of Business and Social Science, 5(5), 2014, pp. 164–169.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.560

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 467 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: