Pengembangan Modul Sains dan Teknologi Informasi Komunikasi Untuk Siswa Karang Widya

Kemal Ade Sekarwati, Revida Iriana N., Lulu Chaerani Munggaran

Abstract


Karang Widya (The Learning Farm) adalah sebuah yayasan non profit yang berusaha memberdayakan pemuda/pemudi melalui program pelatihan pertanian organik berasrama selama 100 hari untuk setiap angkatan. Mereka mendapatkan pendidikan seperti pertanian organik, ketrampilan komputer, bahasa Inggris, kesehatan pribadi, HIV/AIDS, manajemen keuangan, kepemimpinan, dll. Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang mewajibkan para pengajar di Universitas Gunadarma melakukan transfer ilmu kepada masyarakat. Universitas Gunadarma merupakan universitas berbasiskan komputer perlu membantu memberikan pengetahuan ketrampilan komputer kepada siswa-siswa di Karang Widya agar siswa tersebut mempunyai bekal pengetahuan tentang komputer. Pelatihan komputer yang telah berlangsung sejak tahun 2013 dituangkan dalam bentuk praktek penggunaan perangkat lunak, latihan ketrampilan, dan sebagai tolak ukur diberikan ujian untuk setiap materi yang diajarkan. Pemberian praktek komputer ini dituangkan dalam bentuk modul agar pemberian materi lebih terstruktur dan diharapkan siswa terampil dalam menggunakan produk teknologi informasi. Setiap pelaksanaan terdiri dari 40 siswa yang terbagi dalam 2  kelompok. Jumlah pengajar yang terlibat untuk setiap kelompok terdiri dari 3 dosen per pertemuan. Jumlah pertemuan dalam kegiatan ini sebanyak 13. Pelatihan komputer yang terstruktur telah berhasil membekali siswa dengan baik yaitu dengan melihat nilai-nilai ujian siswa dan pemberian sertifikat siswa untuk siswa yang telah memenuhi syarat lulus ujian praktek.

Keywords


modul; pelatihan; komputer; pembelajaran; karang widya

Full Text:

PDF

References


A. S. Hamdi, E. Bahrudin, “Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan,” Deepublish, 2015.

https://www.thelearningfarm.com, tanggal akses : 6 Juli 2019.

Laboratorium Sistem Informasi, “Modul Praktikum Pengantar Teknologi Sistem,” Universitas Gunadarma, 2014.

Laboratorium Sistem Informasi, “Modul Konsep Sistem Informasi,” Universitas Gunadarma, 2014.

Mustangimah, “Kebijakan Mutu Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi,” Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 2018.

Permenristekdikti RI, “Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” No. 44, 2015.

S. Riyadi dan K. Qamar, “Efektivitas e-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang,” Supremum Journal of Mathematics Education (SJME). Vol.1, No.1, pp. 31-40, Januari 2017.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, & M. I. Semmel, “Instructional Development forTraining Teachers of Expectional Children,” Minneapolis, Minnesota: LeadershipTraining Institute/Special Education, University of Minnesota, 1974.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.556

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: