Iptek Bagi Masyarakat Usaha Produk Rengginang

Dani Rohpandi, Evi Dewi Sri Mulyani, Dede Syahrul Anwar, Ade Taopik Hidayatuloh

Abstract


Di Kota Tasikmalaya terdapat banyak produsen makanan ringan rengginang. Hampir seluruh produsen cemilan renggiang tersebut dalam melakukan pengolahan dan pemasarannya masih secara manual dan sederhana. Produksi cemilan rengginang belum menggunakan peralatan pembantu sehingga produk yang dihasilkan kapasitas produksi dan kualitasnya masih rendah serta proses pemasaran yang hanya mengandalkan promosi mulut kemulut. Guna mengatasi hal tersebut Tim pengabdian kepada masyarakat (Pengmas) STMIK Tasikmalaya, 1) Merancang website untuk mempromosikan dan memasarkannya, 2) Memberikan penerapan manajemen produksi cemilan rengginang, serta 3) Manajemen keuangan yang baik. Dengan hal tersebut akan berdampak pada peningkatan produktivitas pada pengusaha cemilan rengginang milik Ibu Nani yang beralamat di Jl. Burujul II Kel. Nagarasari Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu berupa pelatihan dan bantuan berbasis sistem informasi, serta tujuan yang ingin dicapai yaitu manajemen produksi dan pemasaran yang bagus, outputnya membantu peningkatan kualitas, produktivitas, dan kesejahteraan produsen. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi kepada mitra, dilanjutkan pelatihan terkait produksi dan pengemasan, serta dilakukan monitoring sebanyak 3 kali dan evaluasi di akhir kegiatan. Hasil yang didapat dari kegiatan ini : 1) Website dan Komunitas Penjual pada media sosial. 2) Peralatan pendukung produksi. 3) Kualitas produk semakin meningkat dan produk dikemas secara lebih sempurna. Dan 4) Aplikasi pengelolaan keuangan.

Keywords


Produk Rengginang; Manajemen Produksi; Aplikasi Keuangan; Website Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, “Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Msyarakat,” Edisi XII, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, 2018.

Y. Retnaningtyas, & E. D. Prajitiasari, “Pengembangan Usaha Keripik SIngkong Pengusaha Keripik Singkong Rumah Tangga Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari,” Artikel Ilmiah, Universitas Jember,2015.

T. Wijayanti, & P. B Lestari, “IbM-Pendampingan Usaha Kerupuk Rumahan Di Desa Kembang Kabupaten Pacitan,” Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, Vol. 2 No. 1, 2017, pp. 20-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.555

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF - 442 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: