Pengolahan Pupuk Organik Padat dari Limbah Biogas Pada Kelompok Ternak Sedana Murti

I Ketut Putu Suniantara, I Gede Eka Wiantara Putra, Ni Putu Sri Ayuni

Abstract


Kotoran ternak termasuk bahan organik yang berkualitas sebagai pupuk yang mampu diserap oleh akar tanaman. Selain sebagai pupuk organik, kotoran ternak dapat dimanfaatan sebagai sumber energi yang terbarukan. Dimana energi terbarukan ini dihasilkan dengan teknologi tepat guna yang sederhana yang berupa reaktor yang dibuat sesuai dengan kondisi daerah pedasaan. Untuk memanfaatkan kotoran ternak, Kelompok Sedana Murti yang merupakan kelompok ternak beranggotakan 10 orang yang sudah memanfaat kotoran sampi menjadi biogas. Selain energi yang dihasilkan, biogas juga menghasilkan limbah yang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik. Permasalahan yang dialami oleh Kelompok Sedana Murti di Desa Bukit Banjar Tibulaka Bali bukan saja limbah kotoran sapi, tapi kini limbah hasil permentasi kotoran ternak yang keluar dari bioreaktor dalam bentuk cair dan padat. Limbah yang dihasilkan dari proses biogas mempunyai nilai ekonomis yang tinggi bila diolah menjadi pupuk organik padat dan cair. Tujuan dari pengabdian ini yaitu membantu menyelesaikan permasalah mitra tersebut dengan meningkatkan pengetahuan mitra dalam mengolah limbah biogas menjadi pupuk organik padat yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan memanfaatkan bahan campuran lainnya berupa serbuk gergaji dan dedaunan sisa pakan ternak. Untuk meningkatkan pengetahun mitra diberikan pelatihan dan praktek langsung dalam pengolahan limbah biogas menjadi pupuk organik padat. Hasil pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini mitra memiliki pengetahuan dan mampu pengolahan limbah biogas menjadi pupuk organik padat. Serta mitra memiliki pengetahuan dalam memanfaatkan limbah – limbah yang ada di desa mitra sebagai bahan campuran untuk membuah pupuk organik seperti serbuk kayu dan nasi basi.

Keywords


pupuk organik; limbah biogas; kotoran ternak

Full Text:

PDF

References


A. Z. M. Semin, B. Fathallah, Cahyono, I. M. Ariana, and Sutikno, “Kajian Pemanfaatan Kotoran Sapi Sebagai Bahan Bakar Biogas Murah Dan Terbarukan Untuk Rumah Tangga Di Boyolali,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 11, no. 2, pp. 212 – 220, 2014.

M. Hariansyah, “Pemanfaatn Kotoran Ternak Sapi Sebagai Penghasil Bio Gas,” J. Tek. PROTECH, vol. 8, no. 1, pp. 19 – 30, 2009.

A. Ansori, “Pemanfaatan Serbuk Gergaji Kayu Sengon (Albizia falcataria) Dan Kotoran Kambing Sebagai Bahan Baku Pupuk Organik Cair Dengan Penambahan Effective Microorganism-4 (EM4).,” Universitas Muhammadyah Surakarta, 2017.

A. Yulistiani, “Pengaruh Aplikasi Pupuk Organik Dan Dosis Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan, Produksi, Serta Pigmen Daun Pada Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt.),” Universitas Lampung, 2017.

N. Nurjannah, M. A. Jais, H. Mochammad, L. Ifa, and F. Jaya, “Pembuatan Pupuk Organik Padat dari Limbah Biogas,” J. Chem. Process Eng., vol. 03, no. 01, pp. 6–10, 2018.

I. Mursalim, A. Ali, J. Pendidikan, B. Fakultas, and I. Keguruan, “Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Mikroorganisme Lokal Media Nasi, Batang Pisang , Dan Ikan Tongkol Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea),” J. Biotek, vol. 6, no. 1, pp. 32–42, 2018.

R. R. Manullang and R. Daryono, “Combination of Local Microorganism as Compose Bioactivators,” J. Hutan Trop., vol. 5, no. 3, pp. 259–266, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.551

Article Metrics

Abstract view : 1473 times
PDF - 1868 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: