Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Proses Tumbuh Kembang Anak

Tri Widayanti

Abstract


Pada zaman  millennial orang tua  dihadapkan pada teknologi informasi yang selalu berkembang, salah satunya adalah  gawai. Gawai banyak digunakan anak-anak untuk bermain game online atau melihat video. Ibu-ibu di Kelurahan Tengah banyak yang mengeluh terkait aktifitas anak-anak mereka yang sudah mulai suka bermain gawai. Beberapa anak tersebut bahkan sudah ada yang mengalami kecanduan gawai. Ibu-ibu tersebut tidak memahami dampak negatif permainan gawai dan mereka juga tidak mengetahui permainan yang baik untuk tumbuh kembang anak-anak mereka. Dalam menyikapi permasalah diatas penulis melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam  bentuk ceramah yang telah dilaksanakan di Aula Kelurahan Tengah Kecamatan Pontianak Kota. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman  kepada peserta mengenai dampak negatif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bagi proses tumbuh kembang anak khususnya gawai. Kegiatan ceramah di hadiri oleh 55 peserta, yang terdiri dari 7 orang guru, 15 orang Siswa, dan 33 orang ibu rumah tangga. Penyampaian materi dalam bentuk ceramah ini diselingi juga dengan Tanya jawab. Hasil ceramah dianalisis  berdasarkan sesi tanya jawab untuk melihat pemahaman peserta dalam mendapatkan pengetahuan baru diantaranya  yaitu mengenai durasi yang diperbolehkan untuk menggunakan gawai, akibat penggunaan gawai yang terlalu lama, dan permainan edukatif  yang baik bagi proses  tumbuh kembang anak.

Keywords


teknologi informasi; ceramah; gawai; dampak negatif

Full Text:

PDF

References


W.P. Saroinsong, “Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence Of Children On ages 6-8 Years Old,” Jurnal Tekpen, Vol. 1, No. 4, 2016.

E. M. Kusumaningrum, “Minimalisir Ketergantungan Gadget Sejak Usia Dini Dengan Memperkenalkan Permainan Tradisional Yang Menarik,” Seminar Nasional Pendidikan, pp. 345-351, 2015.

T. Angela, & N. Effendi, “Faktor-Faktor Brand Loyalty Smartphone Pada Generasi Y,” Jurnal EXPERIENTIA (Jurnal Psikologi Indonesia), Vol. 3, No. 1, pp. 79-91, 2015.

A. Nath, & S. Mukherjee, “Impact Of Mobile Phone/Smartphone : A Pilot Study on Positive And Negative Effects,” International Journal, Vol. 3, No. 5, pp. 294-302, 2015.

R. Witarsa, R. S. M. Hadi, & N. R. Haerani, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Sekolah DAsar, Vol. 6, No. 1, pp. 9-20, 2018.

S. Gowthami & S. V. K. Kumar, “Impac of Smartphone : A Pilot Study on Positive And Negative Effects,” International Jurnal of Scientific Engineering And Applied Science (IJSEAS), Vol. 2, No. 3, pp. 473-478, 2016.

Setianingsih, A. W. Ardani, & F. N. Khayati, “Dampak Pengguna Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas,” Jurnal Kesehatan (Gaster), Vol. 16, No. 2, pp. 191-205, 2018.

W. Novitasari., & N. Khotimah., “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi social Anak Usia 5-6 Tahun”, Jurnal Paud Teratai, Vol. 5, No. 3, 2016.

S. A. Murtaza, “ Digital Heroin The Impact of Digital Gadgets On Developing Minds An Empirical Study On Growing Children Of Lahore,” International Conference on Management, Business & Technology (ICMBT), pp 303-309, 2017

M. F. Rozalia., “Hubungan Itensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V sekolah Dasar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), Vol. 5, No. 2, pp. 722-731, 2017.

T. P. Sari. & A. A. Mitsalia., “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usir Prasekolah di TKIT Al Mukmin,” Jurnal Profesi (Profesional Islam), Vol. 13 No. 2, 2016.

A. Sofian, B. Pratama, D. Ramadani & I. Banyumurti, Modul Pelatihan Pencegahan Eksploitasi Seksual Anak Online Untuk Organisasi Pelindungan Anak dan Komunitas, P. ECPAT Indonesia, pp. 49, 2018.

N. N. Rahmat, A. Munawir, & S. Bukhori, “Duration of Gadget Usage affects Eye Fatigue in Students aged 16-18 Years, “ Health Nations, Vol. 1, No. 4, pp. 335-340, 2017.

M. Hasanah, “Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak,” Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education, Vol 2, No. 2, pp. 207-214, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.548

Article Metrics

Abstract view : 4331 times
PDF - 1074 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: