Pemahaman Efikasi Diri untuk Peningkatan Kompetensi Linguistik Secara Mandiri

Citra Suryanovika

Abstract


Pengabdian ini merupakan representasi hasil penelitian  pustaka yang telah dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri dan kemampuan komunikasi pembelajar Bahasa Inggris. Fokus pengabdian ini bukan pada peserta, tetapi pada bagaiamana bahan pengabdian dapat digunakan secara umum pada semua pembelajar Bahasa Inggris umum. Harapannya, setelah pelaksanaan pengabdian ini, pembelajar Bahasa Inggris dapat mengenali kebutuhan pribadi dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan diri mereka. Pelaksana berupaya mendorong pembelajaran Bahasa Inggris dengan mengutamakan efikasi diri pembelajar, serta memberikan tips dan trik berkenaan dengan penggunaan teknologi dalam belajar Bahasa Inggris. Pengabdian inimenguji coba materi pengabdian yang disampaikan dalam bentuk ceramah pada seminar Bahasa Inggris English Club of Forester Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura pada tanggal 12 Mei 2018 dan 18 November 2018. Berdasarkan pelaksanaan pengabdian tersebut, ditemukan bahwa peserta seminar tertarik pada pembelajaran Bahasa Inggris mengingat kewajiban yang harus mereka penuhi sebelum sidang skripsi. Pelaksana menemukan bahwa peserta kurang memahami hubungan antara jenis kepribadian mereka dengan metode pembelajaran, pembentukan kelas kata Bahasa Inggris. Pengayaan materi pengabdian ke depan harus mencakup penjelasan tentang pembentukan kelas kata lebih banyak. Pengabdian selanjutnya harus berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris dalam rangka meningkatkan kemandirian.

Keywords


efikasi diri; pembelajaran mandiri; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


D. Crystal, English as a Global Language, 2nd ed. Cambridge: Cambridge, 2003.

T. Souriyavongsa, S. Rany, M. J. Z. Abidin, and L. L. Mei, “Factors Causes Students Low English Language Learning : A Case Study in the National University of,” Int. J. English Lang. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 179–192, 2013.

I. Nurhayati, “Interlanguage: Grammatica Errors on Students’ Recount Texts (A Case Study of First Year of MAN 2 Banjarnegara in the Academic Year 2014/2015),” J. English Lang. Teach., vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2015.

W. Sundari, “The Difficulties of Learning English for the Basic English Learners,” Cult. J. Cult. Lit. Linguist. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 34–41, 2018.

S. Mahmoudi and A. Mahmoudi, “Internal and External Factors Affecting Learning English as a Foreign Language,” vol. 3, no. 5, pp. 313–322, 2015.

T. Armstrong, Multiple Intelligences in the Classroom, 3rd ed. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development., 2009.

L. Noviyenty, “An Evaluation of TOEFL Matriculation Program for STAIN Students,” Elit. J., vol. 05, no. 01, pp. 55–68, 2018.

C. Suryanovika, “The Importance of Self-Efficacy Awareness in Learning English,” J. Ilm. Spektral, vol. 3, no. 2, pp. 001-011, 2017.

F. Doménech-betoret, L. Abellán-roselló, and A. Gómez-artiga, “Self-Efficacy , Satisfaction , and Academic Achievement : The Mediator Role of Students’ Expectancy-Value Beliefs,” vol. 8, no. July, pp. 1–12, 2017.

D. H. Schunk, Learning Theories: An Educational Perspective, 6th ed. Boston: Pearson Education Limited, 2009.

C. Shan, “Using Comprehension Strategies for Students’ Self Efficacy, Anxiety and Proficiency in Reading English as a Foreign Language,” vol. 46, no. 3, pp. 447–458, 2018.

D. Mahler, J. Großschedl2, and U. Harms, “Does motivation matter ? – The relationship between teachers’ self-efficacy and enthusiasm and students’ performance,” PLoS One, vol. 13, no. 11, pp. 1–18, 2018.

A. M. Songbatumis, “Challenges in Teaching English Faced by English Teachers at MTsN Taliwang , Indonesia,” J. Foreign Lang. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 54–67, 2017.

U. Sulistiyo, “Learning English as A Foreign Language in An Indonesian University: A Study of Non-English Department Students’ Preferred Activities Inside and Outside the Classroom,” IJET, vol. 5, no. 1, pp. 1–26, 2016.

H. A. Awla, “Learning Styles and Their Relation to Teaching Styles Learning styles and their relation to teaching styles,” Int. J. Lang. Linguist., vol. 2, no. 3, pp. 241–245, 2014.

N. Pelenkahu, “Improving Speaking Skill Through Joyful, Active, Creative, Effective Approach (JACEA): Classroom Action Research at Fourth Grade Student,” World J. English Lang., vol. 7, no. 4, pp. 31–44, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.541

Article Metrics

Abstract view : 407 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: