Implementasi LKS Berbasis Budaya Lokal Menggunakan LMS Google Classroom di Era Revolusi Industri 4,0

Rahmi Ramadhani, Ermayanti Astuti, Titin Setiawati

Abstract


Tim Hibah PKMS-Universitas Potensi Utama melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) berupa pelatihan implementasi Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis budaya lokal menggunakan Learning Management System (LMS)-Google Classroom dalam proses pembelajaran di era Revolusi Industri 4,0. Peserta pada kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru di SMA Swasta An-Nizam Medan yang berjumlah 25 orang. Target luaran kegiatan PKMS ini adalah terdapat peningkatan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan para guru dalam membuat LKS dengan konteks budaya lokal menggunakan bantuan LMS-Google Classroom. Target lainnya adalah terdapat peningkatan motivasi para guru dalam mengimplementasikan LMS-Google Classroom dalam proses pembelajaran. Metode kegiatan PKMS ini dilakukan dalam empat tahapan. Tahap pertama adalah observasi pendahuluan pada sekolah mitra, yakni SMA Swasta An-Nizam Medan. Tahap kedua adalah pelaksanaan pelatihan pembuatan LKS konteks budaya lokal dengan menggunakan LMS-Google Classroom. Tahap ketiga adalah implementasi LKS konteks budaya lokal dengan menggunakan LMS-Google Classroom yang telah dikembangkan (IN dan ON). Tahap keempat adalah evaluasi hasil kegiatan. Hasil yang diperoleh adalah para guru mampu memahami cara membuat, mengembangkan hingga menggunakan LKS konteks budaya lokal dengan menggunakan LMS-Google Classroom


Keywords


LKS Budaya Lokal; LMS-Google Classroom; Guru SMA; Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


W. Sutama, M., Mulyaningsih, S. S., & Lasmawan, “Solving the problem of the influence of Model -Based Local Culture of Achievement Motivation and Learning Achievement IPS,” E-Journal Ganesha Educ. Univ. Grad. Progr., vol. 3, 2013.

R. Ramadhani and S. D. Narpila, “Problem based learning method with geogebra in mathematical learning,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 3.2 Special Issue 2, 2018.

Tandailing, “Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika-FMIPA UNY, 2013.

J. A. Dahlan and R. Permatasari, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 133–150, 2018.

R. D. Fannie and Rohati, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA,” J. Sainmatika, vol. 8, no. 1, 2014.

R. Ramadhani and S. D. Narpila, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Model Problem-Based Learning Berbasis Budaya Lokal pada Siswa Kelas XI SMA YPK Medan,” J. AKRAB JUARA, vol. 3, no. 3, 2018.

Kemendikbud, Penjamin Mutu Pendidikan Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMA Sesuai Kurikulum 2013. Jakarta, 2013.

F. Rohman, Google Classroom: Jadikan Kelas Digital di Genggaman Anda. Bojonegoro: Pustaka Intermedia, 2017.

Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.527

Article Metrics

Abstract view : 413 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: