Knowledge Management System berbasis Web Dengan Pendekatan SECI pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang

Wendi Usino, Rino Umboro Hadi

Abstract


Knowledge Management System (KMS) bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam suatu organisasi dengan memperbaiki komunikasi antar pegawai dan meningkatkan penguasaan dengan melakukan transfer pengetahuan. Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dindikbud) Kabupaten Pandeglang dituntut memberikan layanan prima guna menunjang setiap kegiatan administrasi kepegawaian, terkait dengan layanan tersebut, semestinya setiap pegawai memiliki knowledge yang baik berupa pengetahuan dan pengalaman dan keahlian dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Saat ini, knowledge di  Bagian Tata Usaha kantor ini berkembang  lamban  dan  cenderung  statis  sehingga  dalam  menangani  suatu permasalahan cenderung bergantung  hanya pada satu orang yang menguasai suatu pekerjaan  tertentu ditambah  lagi  arus keluar masuknya  yang  tidak  tentu  menyebabkan knowledge  yang  dimiliki  oleh  seorang  pegawai  tidak  dikelola  dengan  baik  dan dikhawatirkan  akan  hilang karena knowledge    tersebut  hanya tersimpan di dalam otak  dan  belum  didokumentasikan  dengan  baik. Knowledge  Management  System  (KMS)  merupakan  salah  satu  cara  untuk menumbuhkan budaya saling berbagi knowledge  (sharing  knowledge) antar  individu  maupun  organisasi. Tujuan penelitian ini mengembangkan model knowledge  management  system    sesuai  dengan kondisi  yang  ada. Metodologi penelitian  ini  menggunakan  kerangka  kerja  model  SSM, pembentukan knowledge  menggunakan model SECI. Metode yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML) dan teknik pengujian fungsional sistem menggunakan metode Forum Group Disscusion (FGD) dengan tingkat keberhasilan 90% dan pengujian  kualitas perangkat lunak menggunakan metode MCcall’s dengan tingkat keberhasilan 87,75%. Hasil penelitian  ini  adalah  prototype Knowledge Management System yang menyimpan pengetahuan dan pengalaman karyawan dengan baik sehingga menjadi sebuah solusi  untuk sharing knowledge  dan mendukung kinerja karyawan di Bagian Tata Usaha KCD Dindikbud  Kabupaten Pandeglang.

Kata kunci: Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Knowledge Management System, Unified Modelling Language, Forum Group Disscusion.



Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.395

Article Metrics

Abstract view : 531 times
PDF - 409 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :


DRJI Indexed Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor:

View My Stats

Partners & Co-Organizers: