Perancangan E-Marketing Pada Usaha Kepiting Soka Fresh Kabupaten Pangkep
Cucut Susanto, Hardi Hardi, Mudharsep Mudharsep
Abstract
Di era perkembangan teknologi saat ini model pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengang menggunakan model e-Marketing. Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh (Kleindl dan Burrow, 2005) Marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi[1]. Tujuan penelitian ini adalah Untuk merancang sistem e-marketing kepiting soka pada Usaha Kepiting Soka Fresh. Metode Penelitian yang dipakai adalah Jenis Penelitian meliputi : Penelitian pustaka (Library Research) dan Penelitian lapangan (Field Research). Teknik Pengumpulan Data meliputi Observasi Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang dibutuhkan sebagai variable utama, Wawancara dilakukan dengan proses tanya jawab pegawai dan pimpinan pada Soka Frresh Pangkep. Jenis Data Penelitian yang digunakan yaitu: Data Primer dan Data Sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Sistem dirancang menggunakan metode perancangan UML dan desain database. Dimana bahasa pemrograman yang digunakan adalah pemrograman berbasis WEB (php, css, javasript, dll). Program yang dirancangan sangat menunjukan efisien di dalam E-Marketing.