Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Untuk Pemasaran Produk Kerajinan UKM
Abstract
Produk kerajinan suatu daerah menjadi cirri khas dari masing-masing daerah dimana wisatawan akan mencari produk-produk kerajinan daerah untuk menjadi hadiah maupun oleh-oloeh wisata. Permasalahan yang ada saat ini dimana informasi tentang produk kerajinan tersebut sangatlah minim sehingga keterbatasan wisatawan dalam mencari informasi produk kerajinan suatu daerah. Permasalahan yang ada dalam pengerajin dimana keterbatasan pengetahuan tentang pemasaran yang masih minim dimiliki oleh UKM. Produk yang dipasarakan pun memiliki keterbatasan tempat pemasaran dan menjaga hubungan dengan pelanggan serta meningkatkan jumlah pelanggan menjadi permasalah dalam pengerajin untuk saat ini. Dalam penelitian ini akan melakukan analisa untuk strategi pemasaran yang akan diimplementasikan pada pengerajin. Penelitian ini akan menerapkan model CRM untuk strategi pemasaran yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan serta meningkatkan jumlah pelanggan. Hasil dari penelitian ini berupablue print strategi pengembangan pemasaran produk kerajinan.
Kata kunci: kerajinan, CRM, pelanggan, pemasaran, UKM
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.379
Article Metrics
Abstract view : 689 timesPDF - 540 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Sponsor:
View My Stats
Partners & Co-Organizers: