Pemodelan Angka Putus Sekolah Usia Pendidikan Dasar Dengan Metode Spasial Geographically Weighted Regression

Luh Putu Safitri Pratiwi, Shofwan Hanief, I Ketut Putu Suniantara

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting bagi pembangunan bangsa, kenyataannya angka putus sekolah di jenjang pendidikan dasar hingga saat ini masih tinggi. Faktor-faktor yang memengaruhi jumlah putus sekolah pada tiap wilayah berbeda-beda tergantung pada karakteristik dari masing-masing daerah tersebut, sehingga diperlukan identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap jumlah putus sekolah dengan memerhatikan pengaruh geografis. Pemodelan pengaruh geografis (titik) disebut pemodelan spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah anak putus sekolah di wilayah Bali dengan menggunakan metode spasial yaitu GWR dan ingin menetahui faktor-faktor yang mempengaruhi anak putus sekolah di wilayah Bali. Adapun variabel-variabel yang digunakan yaitu variabel responnya adalah jumlah anak putus sekolah usia pendidikan dasar, sedangkan variabel bebas yang digunakan terdiri dari rasio siswa terhadap sekolah (


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.362

Article Metrics

Abstract view : 903 times
PDF - 759 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :


DRJI Indexed Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor:

View My Stats

Partners & Co-Organizers: