Model Evaluasi E-learning Menggunakan Integrasi Model D&M dan UTAUT
Kadek Dwi Pradnyani Novianti
Abstract
E-learning sebagai salah satu perkembangan teknologi yang memberikan dampak positif untuk membantu pekerjaan terutama di bidang pendidikan. E-learning membawa perkembangan proses belajar mengajar ke arah digital. Namun, penggunaan e-learning seringkali tidak tepat atau tidak makasimal. Maka dari itu diperlukan sebuah pengkuran atau evaluasi untuk mengetahui kesukesan e-learning dan bagaimana pengguna dapat menerima e-learning tersebut. Model D&M merupakan sebuah model untuk mengukur kualitas sistem informasi dan UTAUT merupakan model yang digunakan untuk mengetahui penerimaan pengguna ketika menggunakan sistem informasi. Dalam penelitian ini dibangun sebuah research model yang dapat mengukur kesuksesan penerapan e-learning melalui penerimaan pengguna ketika menggunakan e-learning. Hasil yang diperoleh menunjukan terdapat 8 variabel yang harus diketahui keterkaitannya satu sama lain antara lain performance quality, effort expectancy, system quality, social quality, behavioral intention, user satisfaction, use behavior dan net benefit. Penelitian selanjutnya akan menggunakan research model ini untuk mengukur kesuksesan e-learning STIKOM Bali dilihat dari penerimaan mahasiswa ketika menggunakan e-learning.
Kata kunci:DeLone &McLean, UTAUT, e-learning, model evaluasi