Perancangan Dan Pemanfaatan E-Shop Untuk Meningkatkan Penjualan
Martiti Martiti, Roswika Pangemanan
Abstract
Teknologi internet sudah merupakan halyang wajib bagi sebuah perusahaan dalam memasarkan produk mereka selain mampu diakses selama 24 jam internet dapat diakses siapa saja dan dimana saja selama terdapat koneksi internet. E-commerce merupakan salah satu dari perkembangan teknologi dan internet. E–commerce merupakan sebuah layanan internet yang dimanfaatkan untuk jual beli secara online. Salah satu dari bentuk e-commerce tersebut yaitu e-shop.E-shop merupakan sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet sehingga pengunjung toko online dapat melihat barang barang ditoko online.E-Shop memberi beragam kemudahan bagi konsumennya diantaranya adalah adanya penghematan biaya, barang bisa langsung diantar kerumah, pembayaran dilakukan secara transfer, dan harga lebih bersaing.Mengingat pentingnya perancangan e shop untuk meningkatkan penjualan dan melihat pemanfaatannya, maka perlu untuk diketahui bagaimana perancangan dan pemanfaatan e-shop untuk meningkatkan penjualan”.Untuk merancang e-shop salah satu metode pengembangan sistem yang dapat digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model proses waterfall.Metode waterfall adalah sebuah metode pengembangan aplikasi dengan pendekatan sekuensial.Model waterfall tersusun atas aktivitas aktivitas seperti analisis, perancangan, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Untuk metode pengembangan sistem yang lain dalam merancang e-shop dapat menggunakan metode Prototype yang langkah langkahnya meliputi Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction Of Prototype, Deployment Delivery dan Feedback. E-Shop merupakan suatu pemasaran barang atau jasa melalui sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi. Keuntungan yang akan didapat dalam bertransaksi di e-shop diantaranya aliran pendapatan baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional dan dapat meningkatkan pangsa pasar.