Perancangan Dan Pemanfaatan E-Shop Untuk Meningkatkan Penjualan

Martiti Martiti, Roswika Pangemanan

Abstract


Teknologi internet sudah merupakan hal yang wajib bagi sebuah perusahaan dalam memasarkan produk mereka selain mampu diakses selama 24 jam internet dapat diakses siapa saja dan dimana saja selama terdapat koneksi internet. E-commerce merupakan salah satu dari perkembangan teknologi dan internet.              E–commerce merupakan sebuah layanan internet yang dimanfaatkan untuk jual beli secara online. Salah satu dari bentuk e-commerce tersebut yaitu e-shop. E-shop merupakan sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet sehingga pengunjung toko online dapat melihat barang barang ditoko online. E-Shop memberi beragam kemudahan bagi konsumennya diantaranya adalah adanya penghematan biaya, barang bisa langsung diantar kerumah, pembayaran dilakukan secara transfer, dan harga lebih bersaing. Mengingat pentingnya perancangan e shop untuk meningkatkan penjualan dan melihat pemanfaatannya, maka perlu untuk diketahui bagaimana perancangan dan pemanfaatan e-shop untuk meningkatkan penjualan”. Untuk merancang e-shop salah satu metode pengembangan sistem yang dapat digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model proses waterfall. Metode waterfall adalah sebuah metode pengembangan aplikasi dengan pendekatan sekuensial. Model waterfall tersusun atas aktivitas aktivitas seperti analisis,  perancangan, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Untuk metode pengembangan sistem yang lain dalam merancang e-shop dapat menggunakan metode Prototype yang langkah langkahnya meliputi Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction Of Prototype, Deployment Delivery dan Feedback. E-Shop merupakan suatu pemasaran barang atau jasa melalui sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi. Keuntungan yang akan didapat dalam bertransaksi di e-shop diantaranya aliran pendapatan baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional dan dapat meningkatkan pangsa pasar.

Kata kunci: e-shop, model waterfall


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.320

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 289 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :


DRJI Indexed Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor:

View My Stats

Partners & Co-Organizers: