Pembuatan Aplikasi Pengisian Kuesioner Customer Pada Kantor Pos Denpasar

Lilis Yuningsih

Abstract


Kantor Pos Denpasar merupakan salah satu dari sekian banyak Kantor Pos yang ada di wilayah Denpasar. Kantor Pos sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam jasa pengiriman surat, dokumen, serta berbagai jenis paket lainnya. Karena berfokus pada bidang jasa, maka Kantor Pos berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, yang salah satunya adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan. Selama ini dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, Kantor Pos Denpasar telah menyediakan beberapa media yang digunakan untuk menerima kritik, saran, serta masukkan. Namun hal itu dirasakan kurang maksimal karena startegi konvensional tersebut tidak dapat menghasilkan informasi yang cepat dan efisien. Untuk itu pada penelitian ini dilakukan proses perancangan sistem informasi yang dapat mengakomodir kebutuhan dari Kantor Pos Denpasar, yaitu berupa aplikasi pengisian kuesioner customer. Penggunaan kuesioner sendiri merupakan salah satu strategi bisnis yang berorientasi kepada peningkatan kepuasan pelanggan. Tahapan dari penelitian ini adalah analisis permasalahan, analisis kebutuhan, perancangan model bisnis, perancangan basis data, perancangan antarmuka, serta penyusunan laporan akhir. Hasil dari penelitian ini adalah berupa blue print dari aplikasi pengisian kuesioner customer pada Kantor Pos Denpasar yang dapat digunakan oleh developer dalam pengembangan aplikasi.

Kata kunci: Kantor Pos, kuesioner, kepuasan pelanggan, aplikasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.318

Article Metrics

Abstract view : 484 times
PDF - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :


DRJI Indexed Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor:

View My Stats

Partners & Co-Organizers: