Prototipe eLecture Menggunakan Model Video Peer-Evaluation Pada Online CbL (Collaborative Learning)

Muhammad yusup, Diah Aryani, Haris -, Ilamsyah -

Abstract


Saat ini penerapan e-learning di perguruan tinggi sudah menjadi keharusan agar pembelajaran lebih interaktif. Namun e-learning yang berjalan masih menggunakan pendekatan Teacher Centered Learning (TCL) yang sudah tidak relevan dengan kurikulum perguruan tinggi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dalam implementasi e-learning berbasis CbL, mahasiswa tetap dapat bekerjasama dengan kelompoknya dan mempresentasikannya secara online dengan cara merubah materi presentasi menjadi video presentasi yang dibuat secara terpisah oleh masing-masing anggota kelompok. Oleh karena itu dibutuhkan sistem e-learning yang memfasilitasi pembelajaran berbasis Collaborative Learning. Aplikasi Online CbL adalah sistem e-learning yang memungkinkan peserta didik untuk berkolaborasi menggunakan video presentasi dan diberi penilaian dan uraian oleh perserta yang lain. Untuk membangun sistem ini digunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) jenis Waterfall. Model Waterfall menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pemeliharaan. Hasil rancang bangun sistem ini dapat memudahkan dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan metode Collaborative Learning secara online.

Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), Online CbL (Collaborative Learning), eLecture, Video Peer-Evaluation, HMC (Hybrid-Model-Controller)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.271

Article Metrics

Abstract view : 462 times
PDF - 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :


DRJI Indexed Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor:

View My Stats

Partners & Co-Organizers: