Evaluasi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing usaha
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usaha. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda didukung software 20.0 data diolah secara parsial dan simultan. Variabel bebas yaitu mengakses pasar global (X1), mempromosikan produk (X2), membangun merek (X3), mendekatkan dengn pelanggan (X4), membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan (X5) dan memuaskan pelanggan (X6) sedangkan variabel terikatnya adalah meningkatkan daya saing usaha (Y). Penyebaran kuesioner dengan alat ukur skala likert terhadap 30 responden pelaku usaha yang telah menerapkan e-commerce dalam usahanya. Evaluasi seluruh nilai regresi linier berganda bernilai positif dalam meningkatkan daya saing usaha baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial variabel yang paling dominan adalah mempromosikan produk dan disusul oleh memuaskan pelanggan sedangkan variabel lain mendukung penerapan secara positif pula. Sedangkan secara simultan diperoleh angka sebesar 50,2%. Angka menunjukkan peningkatan daya saing usaha yang dipengaruhi oleh e-commerce bernilai positif dan secara signifikan mampu untuk membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30700/pss.v1i1.258
Article Metrics
Abstract view : 624 timesPDF - 303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sudah terindex di :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Sponsor:
View My Stats
Partners & Co-Organizers: