Evaluasi Usability dan User satisfaction E-learning SMK Pembangunan Nasional
Deden Hardan Gutama, Kusrini -, Henderi -
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usability dan user satisfaction pada sistem e-learning SMK Pembangunan Nasional, dan memberikan usulan perbaikan terhadap variabel yang bernilai rendah agar terjadi peningkatan penggunaan.Penelitian ini dilakukan di SMK Pembangunan Nasional. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, dokumentasi, data sekunder, observasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat usability dengan responden baik yaitu sebesar 50 orang (63,2%), dan usability dengan responden cukup baik yaitu sebesar 30 orang (37,5%). Hal ini menunjukkan bahwa usability e-learning SMK Pembangunan Nasional sudah memenuhi kriteria sebagai website yang baik, dan hasil tingkat user statisfaction sebagian besar responden adalah tingkat cukup baik yaitu sebesar 57 orang (71,3%), dan responden yang baik yaitu sebesar 23 orang (28,7%). Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna sistem e-learning SMK Pembangunan Nasional berada pada kriteria cukup baik. Pada usability , responden yang menilai sistem e-learning SMK Pembangunan Nasional cukup baik sebesar 30 orang (37,5%), sedangkan pada user satisfaction sebesar 57 orang (71,3%) sehingga perlu dilakukan perbaikan guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan standar usability dan user satisfaction seperti perbaikan kualitas konten, penambahan fitur autosafe, penambahan progressbar pada fitur upload file, penambahan user guide, penambahan parameter pencarian materi, penambahan live support, perbaikan warna link, dan penambahan fitur transkrip nilai.
Kata kunci:Usability , E-learning , Human Computer Interaction, dan Userstatisfaction