PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE JIGSAW

Luh Made Yulyantari

Abstract


Abstrak

Pembelajaran dapat dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Terdapat beberapa pendekatan atau metode dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah metode Jigsaw. Model pembelajaran “Kooperatif Jigsaw” yaitu suatu metode pembelajaran yang mengkondisikan siswa belajar dalam kelompok, bertanggung jawab atas penguasaan materi belajar yang ditugaskan kepadanya, kemudian mengajarkan bagian tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Proses pembuatan media pembelajaran ini harus melalui tahapan analisa dan perancangan. Oleh karena itu, analisis dan perancangan akan dibuat dengan detail dalam dokumen perancangan, yang sering disebut dengan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dan dilanjutkan dengan pembuatan Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL). Metode pengembangan yang digunakan sesuai dengan unsurunsur yang terkandung di dalam jenis-jenis dokumen tersebut. Berdasarkan analisa dan perancangan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa sistem yang dirancang sudah menggunakan konsep dan tahapan pembelajaran dengan metode Jigsaw, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran.

Kata kunci: media pembelajaran, jigsaw, spesifikasi kebutuhan, deskripsi perancangan

 


Keywords


media pembelajaran; jigsaw; spesifikasi kebutuhan; deskripsi perancangan;

Full Text:

PDF

References


Ehlers, U.-D. 2007. “Quality Literacy-Competencies for Quality Development in Education and e-learning”. Educational Technology & Society, 10 (2), 96-108.

Gasong, D. 2009. Model Pembelajaran Konstruktivistik Sebagai Alternative Mengatasi Masalah Pembelajaran. Penelitian (tidak diterbitkan). PPs Teknologi Pendidikan, UNJ Jakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Santyasa, IW. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Pengembangan, Korelasional, Kausal Komparatif, dan Eksperimen. Makalah. Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Soekartawi. 2006. “Effectiveness Of Collaborative Learning In Online Teaching”. Malaysian Online Journal of Instructional Technology (MOJIT), 3(1), 68-77.

Sommerville. 2001. Software Engineering. Ed ke-6. England: Addison-Wesley Company.

Tegeh, IM. 2006. Pengembangan Paket Pembelajaran Dengan Model Dick&Carey Pada Mata Kuliah Sinetron Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v5i2.93

Article Metrics

Abstract view : 892 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>