Penerapan Konsep Gamification pada Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Web

Bety Wulan Sari, Ema Utami, Hanif Al Fatta

Abstract


Abstrak

Tenses merupakan suatu bentuk kata kerja dalam tata bahasa pada bahasa Inggris yang berhubungan dengan waktu terjadinya suatu peristiwa. Dengan memahami dan menguasai tenses, maka bahasa Inggris akan terasa mudah karena tenses adalah dasar dari suatu pola kalimat bahasa Inggris. Terdapat 12 tenses yang sering digunakan dan seringkali membingungkan dan rumit bagi sebagian besar orang. Saat ini, e-learning semakin berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, sehingga siapapun yang membutuhkannya dapat mengakses darimanapun ia berada. Akan tetapi mayoritas e-learning saat ini tidak mampu menarik perhatian dan minat dari penggunanya. Konsep gamification akan terapkan ke dalam e-learning tenses bahasa Inggris agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Perancangan gamified system ini akan menggunakan Marczewski’s Gamification Framework. Framework yang memiliki user types dengan kebutuhan pembelajaran dan pengembangan diri. Game mechanics pada user types ini seperti levels, challenges, dan rewards dapat mendukung pengguna gamified system dalam mencapai goals. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan dalam penerapan framework Marczewski terhadap kebutuhan fungsional pengguna. 

Kata Kunci : tenses, gamification, Marczewski’s Gamification Framework


Keywords


tenses; gamification; Marczewski’s Gamification Framework;

Full Text:

PDF

References


Saville-Troike, M., 2006, Introducing Second Language Acquisition, Cambridge, Cambridge University Press.

Henry, S., 2013, E-Learning Suck Games Rulez Part 1, http://samuelhenry.net/e-learningsuck-games-rulez-part-1/, diakses tanggal 10 Januari 2014.

Kumar, B., & Khunara, P., 2012, Gamification In Education - Learn Computer Programming With Fun, International Journal of Computers and Distributed Systems.

Onesty, R., & Fitrawati., 2013, Using Word By Word Games In Teaching Grammar For Junior High School Students. FBS Universitas Negeri Padang.

Andrzej, M., 2013, A Simple Gamification Framework,

http://marczewski.me.uk/gamification-framework/, diakses tgl 3 Maret 2014.

Zichermann, G., & Cunningham, C., 2010, Gamification by Design: Implementing Game Mechanics in Web and Mobile Apps, Sebastopol, O'Reilly Media.

Bunchball, 2010, Gamification 101: An Introduction to the Use of Game Dynamics to Influence Behaviour, :

http://www.bunchball.com/sites/default/files/downloads/gamification101.pdf, diakses tgl 2 Mei 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v5i2.87

Article Metrics

Abstract view : 515 times
PDF - 1416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>