Modifikasi Algoritma Hill Chiper dan Twofish Menggunakan Kode Wilayah Telepon

Selviana Yunita, Patmawati Hasan, Dony Ariyus

Abstract


 

 Kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak yang sangat luas, salah satunya sebagai media penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya, sehingga memudahkan orang dalam mengakses suatu informasi. Kemudahan pengaksesan media komunikasi oleh semua orang, tentunya akan memberikan dampak bagi keamanan informasi atau pesan yang menggunakan media komunikasi tersebut. Informasi menjadi sangat rentan untuk diketahui, diambil dan dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menjaga kerahasiaan adalah dengan menyamarkan menjadi bentuk tersandi yang tidak bermakna, yang dapat dilakukan dengan menggunakan kriptografi. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu metode atau cara yang dapat menjaga kerahasiaan informasi ini, yang salah satunya dikenal dengan sebutan kriptografi. Dalam kriptografi terdapat banyak algoritma, Twofish salah satu kandidat AES, karena Twofish memenuhi semua kriteria  yang dibutuhkan oleh NIST, yaitu 128-bit block, 128 bit, 182 nit, dan 256 bit key. Hasil dari penelitian ini adalah mengaplikasikan modifikasi algoritma hill cipher dengan kode wilayah yang kemudian di enkripsi dengan menggunakan metode Twofish dalam proses enkripsi dan dekripsi file agar kriptanilisis sulit memecahkan chipertextnya sehingga keamanan data tetap terjaga keasliannya.

 

Kata kunci— kriptografi, hill cipher, twofish


Keywords


kriptografi; hill cipher; twofish

Full Text:

PDF

References


Dony Ariyus; 2008;Pengantar Ilmu Kriptografi: Teori Analisis & Implementasi; Andi Offset

Jurnal Teknologi Terpadu Perbandingan Algoritma DES , AES , IDEA Dan Blowfish dalam Enkripsi dan Dekripsi Data Donzilio Antonio Meko Program Studi Teknik Informatika , STIMIK Kupang Jurnal Teknologi Terpadu. (2018), 4(1), 8–15.

P, L. D. S., & Dessyanto, B. P. (n.d.). Aplikasi Enkripsi Dan Dekripsi File Dengan Menggunakan Aes ( Advanced Encryption Standard ) Algoritma Rijndael Pada Sistem Operasi Android. TELEMATIKAVol.10, No.1, JULI 2013:33–42.

Syahputra, E. R. (2015). Analisa Pengujian Estimasi Waktu Dan Besar Ukuran File Menggunakan Algoritma Twofish Pada Proses Enkripsi Dan Dekripsi, IV(2), 14–19.

Pratiwi, Apriyanti E., Lhaksmana, Kemas M., Rizal, Setia (Juli 2011). Implementasi Enkripsi Data Dengan Algoritma Blowfish Pada Aplikasi Email, Vol 1, No 2. Jurnal PA : Politeknik Telkom Bandung.

Ratih, (2007), Study dan Implementasi Enkripsi Pengiriman Pesan Suara Menggunakan Algoritma Twofish.Vol 3, No 2. Jurnal Teknik Informatika, Tahun 2007

Sayuti, A., Habibi, H., Widhiarso, W. (2019). Perbandingan Performa Algoritma Hill cipher dengan RSA dalam proses Enkripsi dan Deskripsi Text.

Sugianto, T., Yuniarto, T. & Barat, (1978), K. Kriptografi Gabungan Menggunakan Algoritma Mono Alphabetic Dan One Time. 4, 53–63.

Hidayat, M. H., Gerhana, Y. A., & Syaripudin, U. (2018). Kombinasi Algoritma Kriptografi Vigenere Chiper dan Hill Cipher untuk Penyandian Pesan Rahasia pada Metode Steganografi, 1(1), 125–131

Imelda, I., Prawira, E., Informatika, T., Informasi, F. T., & Luhur, U. B. (2018). Pengamanan Disposisi Dokumen secara online menggunakan Kriptografi Twofish dan Kompresi Huffman pada CV . TMU, 363–369.

Syahputra, E. R. (2015). Analisa Pengujian Estimasi Waktu Dan Besar Ukuran File Menggunakan Algoritma Twofish Pada Proses Enkripsi Dan Dekripsi, IV(2), 14–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i2.489

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.