Pemanfaatan Framework Web dalam Pengadministrasian Penyaluran Raskin

Okkita Rizan, Hamidah Hamidah, hengki hengki, Novalia Novalia

Abstract


Salah satu bentuk penerapan sila kelima Pancasila yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah dengan memberikan bantuan bagi warga kurang mampu berupa beras, yang sangat dikenal dengan istilah raskin. Biasanya pembagian beras ini dilakukan oleh kantor desa ataupun kantor kelurahan. Permasalahan yang sedang terjadi adalah proses pendataannya masih dilakukan dengan cara yang sederhana. Proses ini biasa di sebut dengan masih dilaksanakan secara manual. Akibatnya adalah tidak efektif dalam pendataan dan pelayanan raskin. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem yang sebelumnya masih berupa pemberkasan menjadi sebuah sistem informasi yang dapat dikomputerisasikan dengan memanfaatkan framework berbasis web dalam proses pembuatannya. Metode yang digunakan adalah Object Oriented. Metode ini berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah yang ada. Dengan demikian, staff kantor bisa mengetahui dan mengatasi masalah ketika ada masalah. Dengan menggunakan metode object oriented dan alat bantu web sistem informasi yang telah dibuat membantu sekretaris atau staff kantor dalam pengadaan pendapatan beras raskin secara efektif dan efisien sehingga tersistem dengan baik.


Keywords


Framework Web; Pengadministrasian; Penyaluran Raskin;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Komalasari, Tia Dwitiani, 2018, Jumlah Penduduk Miskin Indonesia Berkurang 1,19juta Orang, Pikiran Rakyat, Jakarta.

Alimoeso, Surtarto, 2012, Pedoman Umum Penyaluran Beras Untuk Rumah Tangga Miskin, E Purwanto, Yogyakarta.

Titis Aji Wicaksono, Siti Aminah, 2018, Sistem Informasi Pengelolaan Raskin pada Pelaksana Distribusi Raskin Desa Jatingarang, Journal Surya Informatika, vol 5, No. 1 November 2018 hal 34-43.

Kamarudin Tone, 2016, Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Bantuan Sosial Beras Miskin (Studi Kasus Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Jurnal Instek, vol 1, No. 1 Oktober 2016.

Suryati, Bambang Eka Purnama, 2010, Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol 2, No. 4 hal 32-41.

Hamidah, Okkita Rizan.2016. Sistem Informasi Penjadwalan Dosen Ajar Studi Kasus: STMIK Atma Luhur. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (Teknosi) Vol.2, No.1, Hal 65-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i2.468

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF (Indonesian) - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.