Penerapan Media E-Journal Menggunakan Sistem IJC berbasis OJS di STT YUPPENTEK

Indri Handayani, Erick Febriyanto, Yuli Ana

Abstract


Pada teknologi yang berkembang saat ini sudah mampu menyajikan informasi yang informatif dan sangat mudah untuk didapatkan berupa elektronik. Namun pada STT YUPPENTEK dalam pengelolaan jurnal atau karya ilmiah lainnya masih menggunakan cara konvensional atau manual sehingga menimbulkan beberapa permasalahan yaitu pada saat proses terbit jurnal membutuhkan waktu yang cukup lama, karena sudah terlalu lama data – data menjadi terpisah – pisah dan dari segi biayapun membutuhkan biaya yang cukup besar, dalam pengelolaan karya ilmiahnya pun belum memenuhi syarat yang ditentukan oleh dikti dengan perihal akreditas jurnal yang mengharuskan jurnal dikelola secara online karena dengan begitu akan lebih mudah dan cepat. Dengan adanya iJC (iLearning Journal Center) dapat mempublikasikan jurnal secara online, memudahkan pengguna untuk submit jurnal, mengubah pengelolaan e-journal menjadi lebih terdistribusi dan dapat mempermudah proses penyerahan naskah, review, edit, sampai dengan tahap publikasi serta dengan menggunakan iJC (iLearning Journal Center) akan menghasilkan e-journal yang berkualitas. Pada penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka serta menggunakan UML (Unified Modeling Language).


Keywords


Media E-Journal; Sistem IJC berbasis OJS;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Handayani, I.(2015). Pemanfaatan Sistem Ime (Ilearning Media) Dan Rinfo (Raharja. Info) Dalam Penerapan Sistem E-journal Di Ccit Journal Pada Perguruan Tinggi Raharja.

Handayani, I., Aini, Q., & Oktaviani, F. (2016). Penerapan Sistem Validasi Jurnal Di Pessta+ Sebagai Penilaian Artikel Ilmiah Dalam Mendukung Kegiatan Civitas Akademika. Csrid (Computer Science Research And Its Development Journal), 8(3), 177-190.

Aripianti, P., & Widuri, R. (2016). Perancangan Sistem Informsi E-jurnal Pada Perguruan Tinggi Berbasis Web. Cerita Journal, 2(2), 189-198.

Suroyo, S., & Tanaamah, A. R. (2017). Peran E-journal Dalam Knowledge Sharing Sebagai Basis Pengelolaan Pengetahuan Di Universitas Kristen Satya Wacana. Smatika Jurnal, 6(02), 05-12.

Pamungkas, K. T., & Susilo, A. (2018). Implementasi Aplikasi E-Journal Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Respati Indonesia.

N. Fajrin, L. Kamelia, and T. Juhana, “Instalasi dan Implementasi Open Journal System di Local Area Network Laboratorium Telematika STEI-ITB”, Prosiding - Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 18-29, Jan. 2018

Handayani, I., Warsito, A. B., & Pangestu, S. A. (2017). Pemanfaatan Website Raharja. Ac. Id Sebagai Media Informasi Dan Upload Artikel Untuk Ns-ccit Menggunakan Framework Yii. Ccit Journal, 10(1), 127-138.

Wijaya, N. H. (2017). Pengembangan E-journal Hasil Penelitian Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 9(26).




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i1.457

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF (Indonesian) - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>