Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Customer Relationship Management pada Bank Perkreditan Rakyat

I Dewa Ayu Eka Yuliani

Abstract


Penggunaan Zachman Framework sebagai arsitektur dalam merancang customer relationship management bertujuan untuk menggambarkan arsitektur organisasi secara umum dan menguraikannya sebagai sistem informasi perusahaan yang lebih kompleks. Pada penelitian ini Zachman Framework digunakan untuk membangun rancangan arsitektur dari Customer Relationship Management pada BPR Tamara Dana Khatulistiwa. Matriks dari Zachman Framework yang digunakan adalah ukuran 3 x 5 dimana setiap kolom mempresentasikan data, proses dan jaringan yang menjelaskan pengertian dan berkenaan dengan hal signifikan dari perusahaan, tentang informasi apa yang akan ditangani, sedangkan setiap baris mempresentasikan scope description, model of the business, model of the information sistem, technology model, dan technology definiton. Hasil dari penerapan Zachman Framework untuk merancang CRM adalah peningkatan layanan terhadap nasabah dengan membuat desain sistem, yang dimodelkan dengan menggunakan diagram UML, dan rancangan aplikasi CRM berbasis website yang memiliki fasilitas untuk mengelola data nasabah, tampilan produk perbankan, forum antara nasabah dengan CSO, dan menampilan Frequently Ask Question (FAQ).

Kata kunci—Arsitekur Sistem Informasi Perusahaan, Zachman Framework, CRM


Keywords


Zachman Framework; Customer Relationship Management;

Full Text:

PDF

References


Deriani, Ni Wayan, 2016, Analisa Perancangan Model Customer Relationship

Management pada STMIK STIKOM Bali, Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya, Vol. 5, No.

, pp. 43-55

Zulfata, Ghaniyu., dkk., 2017, Pengembangan Electronic Customer Relationship

Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan MetodeKerangka Kerja Dynamic CRM, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 4, pp. 1419-1427

Kosasi, Sandy, 2015, Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JUSITI), Vol. 4, No. 2, pp. 92-102

Rosalina, Vidila, 2015, Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Infrastruktur Jaringan Komputer Customer Relationship Management (CRM) pada Universitas, Jurnal PORSISKO, Vol. 2, No. 2, pp. 74-77

Syaodih, Nana., 2005, Metode Penelitian Pendidikan, Rosdakarya, Bandung.

Zachman, John A., 2003, The Zachman Framework For Enterprise Architecture : Prime For Enterprise Engineering and Manufacturing, © 2003 John A. Zachman, Zachman International.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i1.181

Article Metrics

Abstract view : 2617 times
PDF - 1147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>