ANALISIS E-CRM (ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA SHOWROOM PT.TROPICA NUCIFERA INDUSTRY YOGYAKARTA

Muhammad Rifai, Abidarin Rosidi, Syamsul A. Syahdan

Abstract


Abstrak
Keberadaan konsumen serta pelanggan adalah bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dalam dunia bisnis, konsep mengelola pelanggan dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management). Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, proses CRM tersebut kini dapat dikonversikan ke dalam bentuk e-CRM (Electronic-Customer Relationship Management). Membangun suatu prototipe sistem e-CRM dalam bentuk website sebagai alternatif sistem baru merupakan tujuan dari penelitian ini. Hal tersebut didasarkan oleh beberapa kendala yang dialami showroom PT.Tropica Nucifera Industry Yogyakarta pada sistem CRM yang sedang berjalan, utamanya pada sektor pelayanan. Adapun proses yang dilalui untuk menghasilkan prototipe tersebut diantaranya analisis mekanisme sistem lama, pemodelan UML, pemodelan data, pemodelan prototipe, dan terakhir adalah merumuskan layanan e-CRM pada sistem baru. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa penting bagi showroom PT.Tropica Nucifera Industry Yogyakarta untuk memaksimalkan proses CRM yang sedang berlangsung, ke arah e-CRM melalui penggunaan teknologi internet. Adapun prototipe sistem e-CRM yang telah dibuat, merupakan kontribusi penulis untuk memberikan gambaran kepada pihak showroom tentang bagaimana sistem baru bekerja sebagai wujud dalam memaksimalkan sektor pelayanan kepada para konsumen dan pelanggan.
Kata Kunci— CRM, e-CRM, konsumen, pelanggan.


Keywords


CRM; e-CRM; konsumen; pelanggan;

Full Text:

PDF

References


- Griffin, J. 2005, Customer Loyalty=Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, diterjemahkan oleh Yahya, D.K., Erlangga, Jakarta.

- Turban, et al. 2006, Pengantar Teknologi Informasi, diterjemahkan oleh Kwary, D.A., Sari, D.S., Salemba Infotek, Jakarta.

- Sutedjo, et al. 2003, i-CRM Membina Relasi dengan Pelanggan.Com, ANDI, Yogyakarta.

- Kundre, A. J, Wisnubadhra, I, Suselo, T, 2013, Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada PO.Chelsy, Seminar Teknologi Informasi dan Multimedia 2013, Yogyakarta, 19 Januari.

- Setiawan, A, Nugroho, E, Adhipta, D, 2014, Perancangan Sistem Informasi Pelacakan Berbasis Customer Relationship Management Untuk Perusahaan Jasa Service Center (Studi Kasus: T-Comp Jogja), Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014 Yogyakarta, 8 Februari.

- Raco, J.R. 2010, Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya), PT Grasindo, Jakarta.

- Sigit, S. 1999, Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis-Manajemen, Lukman Offset, Yogyakarta.

- Hermawan, J. 2004, Analisis-Desain dan Pemrograman Berorientasi Obyek dengan UML dan Visual Basic.NET, ANDI, Yogyakarta.

- Hanif Al Fatta. 2007, Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, ANDI, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v5i1.17

Article Metrics

Abstract view : 1884 times
PDF - 1563 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>