Pemanfaatan Rinfogroup Sebagai Media Diskusi dan Penilaian Keaktifan Mahasiswa

Untung Rahardja, Eka Purnama Harahap, Dwi Anjani

Abstract


Teknologi informasi yang berkembang pesat trus melahirkan inovasi yang mempermudah manusia dalam melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi. Dengan berkembangnya suatu teknologi kita dapat berinteraksi dengan satu sama lain tanpa ada batasan tempat dan waktu. Hal ini dapat terjadi karena adanya suatu wadah (forum) komunitas yang bisa di jadikan media untuk berdiskusi secara online. Pada Perguruan Tinggi Raharja, setiap civitas akademika diberikan fasilitas berupa email resmi yaitu Rinfo yang digunakan sebagai media  komunikasi. Namun saat ini belum tersedia wadah untuk berdiskusi antara mahasiswa dan dosen, sehingga proses diskusi pembelajaran belum efektif dan efisien karena masih dilakukan secara tatap muka. Oleh karena itu, diperlukannya pemanfaatan RinfoApps yang dapat digunakan sebagai wadah diskusi pembelajaran online. RinfoGroups merupakan salah satu Google System dapat dimanfaatkan sebagai wadah formal untuk proses diskusi pembelajaran online. Dengan membuat milis kelas pada RinfoGroups, mahasiswa dan dosen dapat berdiskusi di luar jam perkuliahan, dosen dapat sharing mengenai bahan materi pembelajaran, serta dosen dapat memantau keatifan berdiskusi mahasiswa. Dalam penelitian ini, ditemukan 3 (tiga) permasalahan pada sistem yang ada sebelumnya. Lalu dengan didukung 2 (dua) metode penelitian yaitu metode observasi dan studi pustaka. Hasil akhir yang di capai dari penelitian ini yaitu terbentuknya media diskusi yang dapat di akses dimana dan kapan saja sehingga proses diskusi antara mahasiswa dan dosen menjadi lebih efektif dan efisien.


Keywords


Rinfogroup; Media Diskusi; Penilaian Keaktifan;

Full Text:

PDF

References


Rahardja, Untung. 2011. “Definisi iLearning”. Raharja Enrichment Centre (REC). Tangerang.

Situmorang, Syafizal Helmi . (2010). “Analis Data : Untuk Riset Manajemen dan Bisnis”. Medan : USU Press.

Hutaehan, Japerson. (2014). “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta : DeePublish.

Nida, Yessy Frecilia. “Metode Observasi”. https://widuri.raharja.info/index.php/Metode_Observasi . diakses tanggal 11 Juni 2017.

Rahardja Untung, Khanna Tiara, dan Ray Indra Taufik Wijaya. (2014) .”Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung Untuk Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja". Jurnal CCIT 8.1 ISSN : 1978 – 8282.

Martono Aris, Padeli, dan Rosalina Miliartha. (2016). “Rancang-bangun Aplikasi Sistem Diskusi Pembelajaran On-line Pada Perguruan Tinggi”.Jurnal CCIT Vol 9 No.2 ISSN:1978-8282

Desrianti Dewi Immaniar, Lusyani Sunarya, dan Dwi Fitri Permania. (2015). “Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi (TIK) Pada Rhjfox Sebagai Forum Diskusi”. Jurnal CCIT Vol 8 No.3 ISSN : 1978-8282

Putranto A. (2012). Perancangan Forum Diskusi Mobile Online Learning”. Jurnal ComTech Vol.3 No.2, 860-871

Rahardja Untung , Indri Handayani, dan Baiq Aneji Pahad. (Oktober 2016). “Pemanfaatan Rinfoform Sebagai Media Update Artikel Pada iRan”. Jurnal CSRID Vol.8 No.3

Filja, Chasfriati, Mardhiah Fadli, dan Syefrida Yulina.(2016). "Sistem Informasi Penilaian Partisipasi Mahasiswa dalam Berdiskusi Secara Online Menggunakan Metode Content Analysis." Jurnal Aksara Komputer Terapan Vol.5 No.1

Handayani, Indri, Qurotul Aini, and Yessy Oktavyanti. (2015) "Penggunaan RinfoCal Sebagai Aplikasi Pengingat (Reminder) Kegiatan Akademik Pada Perguruan Tinggi." Jurnal CCIT Vol. 9




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i1.162

Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF - 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.