Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2

Giandari Maulani, Siti Nur Janah, Yuri Alam Mahbubi

Abstract


SMK Mandiri 2 merupakan salah satu lembaga pendidikan yang membutuhkan promosi dalam memperkenalkan sekolahnya kepada masyarakat. Pembuatan desain media komunikasi visual ini akan dijadikan sebagai media informasi dan promosi SMK Mandiri 2. Untuk metodologi yang digunakan pada penelitian ini, diantaranya metode analisis permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisis perancangan dan metode konsep desain. Permasalahan yang ada saat ini SMK Mandiri 2 dalam menunjang kegiatan promosinya belum menggunakan media komunikasi visual dan berdasarkan analisis permasalahan tersebut maka dibuatlah desain media komunikasi visual dalam bentuk Tabloid yang bertujuan agar promosi dengan tabloid dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi, terutama menerapkan strategi pemasaran yang menarik minat calon siswa-siswi baru. Dalam menunjang kegiatan promosinya pihak sekolah membutuhkan sebuah media komunikasi visual yang dinilai efektif maka melalui desain media komunikasi visual berbentuk tabloid ini diharapkan dapat memberikan banyak informasi, diterima berbagai kalangan, serta dapat meningkatkan nama baik sekolah SMK Mandiri 2 agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Keywords


Media Komunikasi Visual; Sarana Promosi;

Full Text:

PDF

References


Lusyani,S.,Radiyanto.,Erna,S.(2013). Enriching Company Profile sebagai penunjang media informasi dan promosi pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: CCIT Journal.(Vols.7).

Budiarto,M., Yohanes,A.K.Y., Maimunah, Lusyani,S.(2012). Desain Media Komunikasi Visual sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Kampus. Bali: Eksplora Informatika Journal,(Vols.1).

Riyanto.,&Nurcholis,S.(2011). Perancangan Promosi Sekolah Sepakbola New Pelita Solo Melalui Media Desain Komunikasi Visual. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Saputra.,&Arieza,H.(2011). Perancangan Media Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Malang. Jawa Timur: Universitas Negeri Malang.

Witara,D.(2016). Perancangan Media Komunikasi Visual Penunjang Informasi dan Promosi pada PT Mida Karya Abadi Land (Savana Residence). Tangerang: STMIK Raharja.

Mubarok.,&Andri.(2012). Desain Komunikasi Visual sebagai Sarana Promosi Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Sanjiwani Gianyar. Denpasar Bali: Institut Seni Indonesia.

Saputro,E.K.(2011). Media Komunikasi Visual sebagai Sarana Promosi Kurnia Creative Design (Advertising) untuk Masyarakat Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Khodijah,S.(2016) Etika pemberitaan media massa dan tabloid. Retrieved November 22, 2016 from http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/16/jtptiain-gdl-sl-2006- sitikhotij-772-BAB2_110-8.pdf

Arddiyana.(2015). Pengertian naskah, fungsi naskah, storyboard dan langkah-langkah membuat storyboard. Retrieved January 10, 2017 from http://www.brainly.co.id

Ajir.(2009). 7 poin penting dalam menyiapkan Final Artwork (FA). Retrieved January 10, 2017 from http://www.desainstudio.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i1.134

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.