Rancang Bangun Sistem Hotspot Portable dengan OpenWRT

L. Budi Handoko, Oki Setiono

Abstract


Abstrak
Perkembangan teknologi router saat ini dapat menghubungkan jaringan antar komputer baik melalui jaringan kabel maupun nirkabel. Namun kekurangan dari router yang beredar saat ini belum dapat dikatakan optimal karena antara router satu dengan yang lain tidak memiliki keseragaman fasilitas, sehingga antara router satu dengan yang lain bisa memiliki fasilitas yang berbeda-beda dan tidak standar. Karena hal tersebut, maka perlu dibangun sistem baru yang memiliki fitur yang dapat mengoptimalkan fungsi router yang beredar dan dapat di terapkan pada router lain secara portable. Sistem baru ini dibangun dengan menggunakan sistem operasi openWRT. Sistem operasi openWRT akan dipasang pada sebuah router wireless dengan beberapa alat tambahan untuk mendukung fungsionalitasnya seperti flashdrive, modem gsm, usb soundcard dan speaker. Sistem yang dihasilkan memiliki fitur dan layanan yang sama antara router satu dengan yang lain, diantaranya dapat memberikan layanan captive portal, sistem juga mampu memberikan fasilitas chatting, audio dan video player. Selain itu, sistem ini juga memiliki beberapa fitur lain seperti penyimpanan lokal, mesin download dan voucher akses internet untuk login captive portal. Pada hasil pengujian, sistem dapat diterapkan pada perangkat lain dan digunakan secara portable.
Kata Kunci : router, hotspot, captive portal, openwrt, portable


Keywords


router; hotspot; captive portal; openwrt; portable;

Full Text:

PDF

References


Wagito, 2007. Jaringan Komputer, Teori dan Implementasi Berbasis Linux. Yogyakarta: Gaya Media.

Rochmad Nurul Hidayat. 2010. Implementasi Tomato Firmware Pada Linksys Wireless Router Dengan Proses Authentification, Authorization, Accounting Menggunakan Radius

Server. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010., pp.1-5.

Alimuddin Yasin, 2013. Analisis, Perancangan Dan Pengamanan Jaringan Nirkabel Berbasis Captive Portal Menggunakan OpenWRT Pada Wireless Router TL-MR3420.

Skripsi, AMIKOM, Yogyakarta, Mei 2013.

Fitri Ismurhayanti. 2011. Optimalisasi Router Linksys WRH54G Dengan DD-WRT," Skripsi, STIMIK AMIKOM, Yogyakarta, Maret 2011.

Yun-yu Lee, Ing-Yi Chen, Sy-Yen Kuo, Hsi-Hai Liu, and Yuh-Rong Leu. 2008. Implementation of OpenWRT-based IP PnP Gateway. ACM, no. 1, pp. 1-5, September 2008.

Roger Pressman, 2005. Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York: McGraw-Hill.

LPK Wahana, 2005. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademika Berbasis SMS dengan JAVA. Jakarta: Salemba.

Septian Fajar Nugraha, 2010. Rancang Bangun Aplikasi Chat Conference Pada Mobile Phone Dengan Menggunakan Enkripsi. UIN, p. 68, Desember 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.116

Article Metrics

Abstract view : 1757 times
PDF - 1926 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>