Perancangan Aplikasi Sistem Pengendalian Stock Barang Pada UD. Makmur Jaya

Helmi Kurniawan

Abstract


Abstrak

UD Makmur Jaya adalah perusahaan distributor penjualan makanan dan minuman ringan dengan berbagai merek dagang dalam jumlah besar maupun eceran yang dipasarkan di kota Medan. Dalam Melakukan Transaksi kepada pelanggan, UD Makmur Jaya mengalami suatu permasalahan dimana, bagian pemasaran dalam penjualan kepada pelanggan tidak mengatahui tersedia atau tidaknya barang yang dipesan oleh pelanggan. Hal ini terjadi disebabkan sistem pengendalian stok barang masih bersifat semi komputerisasi sehingga untuk mengetahui ada dan tidak adanya barang digudang tidak cepat terindentifikasi oleh bagian Pemasaran. Belum lagi, dalam pembuatan laporan khususnya pemasukan dan pengeluaran barang yang masih dalam pencatatan buku sehingga membutuhkan waktu yang lama dan tidak akurat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah perlu dibangun suatu aplikasi pengendalian stock barang berbasis komputer dengan bahasa pemrograman VB.Net dan Database SQL Server, dimana aplikasi yang dihasilkan dapat mengontrol stock makanan dan minuman ringan yang ada digudang UD Makmur Jaya, dengan tujuan bagian pemasaran dapat mengetahui tersedianya barang yang ada digudang selain itu dapat meminimalkan pembatalan order dari pelanggan. Dengan adanya aplikasi pengendalian stock barang UD Makmur Jaya dapat disimpulkan bahwa bagian pemasaran dapat mengetahui informasi dan mengendalikan stock barang setiap saat, sehingga memberikan informasi yang akurat atas barang yang diminta dan barang yang tersedia digudang. untuk pengembangan lanjut aplikasi UD Makmur jaya dapat menambahkan sistem aplikasi keuangan perusahaan yaitu sistem akuntansi perusahaan.

Kata kunci— Aplikasi, Stock, Barang, Makanan dan Minuman


Keywords


Aplikasi; Stock; Barang; Makanan dan Minuman;

Full Text:

PDF

References


]. Eric TriJatmika, Magmaz Lestira Oktaroza, Diamonalisa, 2015, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang di Toko Sofia, Prosiding Penelitian SPeSIA, Bandung

]. Agus Ristono, 2009, Manajemen Persediaan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

]. Laudon, Kenneth C., Jane P. Laudon 2011, Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital Buku 1 Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta.

]. Rumanta, 2013,Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Pada Oka Putra Motor Pacitan, Speed Journal -Indonesian Jurnal on Computer Science - Vol 10 No 3, ISSN 1979 – 9330, speed.unsa.ac.id

]. Wahana Komputer 2010, SQL Server2008 Express, Andi Offset, Yogyakatra




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.111

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.