Sistem Rangking Pemanfaatan Susu Bayi Menggunakan Analytical Network Process (ANP)

Ratih Adinda Destari

Abstract


Abstrak

Dalam mencari produk susu yang paling banyak diminati oleh konsumen tentunya konsumen harus mampu menentukan dan memilih produk susu bayi yang paling banyak dikonsumsi. Banyak produk susu bayi yang beredar di pasaran tetapi tidak semua produk susu bayi tersebut banyak dibeli oleh konsumen terutama ibu rumah tangga yang membutuhkan susu bayi yang bermanfaat bagi bayi mereka, ada susu bayi hanya dikonsumsi oleh beberapa orang saja, hal tersebut terjadi dikarenakan ada beberapa masalah diantaranya mengenai, harga, daya tahan, jumlah protein, jumlah mineral dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini memberikan referensi dan kemudahaan bagi para konsumen yang memiliki bayi untuk memilih susu formula mana yang paling baik berdasarkan nilai rangking yang diperoleh masing masing produk susu. Susu formula bayi berbentuk cairan atau bubuk yang dibuat secara instan dengan formula tertentu dan memiliki kandungan nilai gizi, AA, DHA, Protein, Vitamin dan Mineral untuk perkembangan otak, jaringan otot dan tulang rangka, diberikan pada bayi dan anak-anak yang berfungsi sebagai pengganti ASI. Analytic Network Process (ANP) metode yang terdiri dari kriteria dan alternative yang memiliki keterhubungan antara elemen yang ada dalam kriteria (Ineer Dependence) dengan elemen yang ada di luar kriteria (Outer Dependence) memiliki kemampuan mendapatkan peringkat prioritas alternatif sebagai acuan pengambilan keputusan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis dan pembahasan dari dari hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa Susu Bayi Lactogen mendapat rangking 1 dengan bobot prioritas paling besar sebesar 0.2001atau 20%, peringkat 2 adalah Bebelac dengan bobot prioritasnya 0.1925 atau 19%, peringkat 3 adalah Nutrilon dengan bobot prioritasnya 0.1668 atau 17%, peringkat 4 adalah Lactona dengan bobot prioritasnya 0.1594 atau 16%, peringkat 5 adalah SGM dengan bobot prioritasnya 0.1447 atau 15% dan peringkat 6 adalah Frisian Flag dengan bobot prioritasnya 0.1365 atau 14%. Dari hasil tersebut maka Susu Bayi Bebelac memiliki bobot paling besar dan paling banyak dipergunakan oleh masyarakat. Hasil penelitian ini kedepannya bisa menjadi referensi oleh peneliti dan masyarakat dalam memilih produk Susu Bayi yang bermanfaat.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Analytic Network Process (ANP), Prioritas.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan (SPK); Analytic Network Process (ANP); Prioritas;

Full Text:

PDF

References


Eva Latifa, et.al, 2010. Pengaruh Pemberian Asi Dan Stimulasi Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Emosi Anak balita Pada Keluarga Ibu Berkerja Dan Tidak Berkerja, Vol 3, No.1, Januari.

Asep Hender Rustiawan, et.al, 2012. Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru di SMA Negeri 3 Garut, Vol 9, No. 21. 2012.

M. Yousefi Nejad Attari, et.al. 2012. A Decision Making Model For Qutsourcing Of manufacturing Activities By ANP And DEMATEL Under Fuzzy Environmenx, Vol 23. Number. 3 2012.

Iskandar Z. Nasibu, 2009. Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerapan Karyawan Menggunakan Aplikasi Expert Choice, Vol. 2, No. 5. Mei 20094.

Meilia Nur Indah Susanti, 2011. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Analytic Network Process ANP Untuk Penempatan Kerja Pada Sebuah Instansi, 2011.

Pudji Astuti,et.al, 2011. Pemilihan Alternatif Pengelolaan Sampah Dengan Metode ANP dan Bocr .Universitas Trisakti Jakarta, Vol.VI. No 2. 2011.

Luhur Priyantoko Aji, et.al 2010 Implementasi Performance Prism Untuk Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus: PT. Preshion Engineering Plastec Surabaya)




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i1.105

Article Metrics

Abstract view : 449 times
PDF - 616 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>